Tim Saber Pungli Terus Awasi Pelayanan  Publik

Tim Saber Pungli Terus Awasi Pelayanan  Publik

RIO/RBO Tim sedang memberikan materi kepada para peserta sosialisasi
BERBAGI:

RBO << BENGKULU >>  Tim Saber Pungli Provinsi Bengkulu, yakni Pokja pencegahan gencar  melakukan sosialisasi pungli di semua bentuk layanan publik. Hal ini dilakukan dalam jajaran dunia pendidikan yang waktunya bertepatan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di setiap Kabupaten dan Kota Bengkulu.

Dalam Sosialisasi pencegahan pungutan liar (pungli) bertempat di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu kemarin, Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Bengkulu, Herdi Puryanto, SE mengatakan bahwa perlunya sosialisasi pencegahan pungli dikalangan layanan pendidikan, terutama di dunia pendidikan dimana disaat PPDB berlangsung banyak sekali peluang serta godaan karena adanya kebutuhan orang tua dalam menyekolahkan anaknya dan tuntutan untuk  bersekolah di sekolah ternama dan banyak diminati.

“Saber Pungli, terutama di Pokja Pencegahan sangat penting dalam melakukan sosialisasi pencegahan pungli di unsur pelayanan publik. Karena bertepatan dengan proses PPDB. Karena peluang, godaan, kesempatan dapat dilakukan karena adanya kebutuhan para orang dalam memasukkan anaknya sekolah atau juga keinginan masuk sekolah favorit. Hal ini dilakukan berguna untuk kelancaran dan proses layanan publik yang sesuai dengan ketentuan yang ada. Dalam regulasi dan kebijakan yang mengakomodir semua pihak akan tetapi jangan sampai terjebak. Sehingga jadi bumerang nantinya. Dengan sosialisasi ini, kita mengingatkan dan mengantisipasi jangan terjadi pungli di unsur pelayanan publik dilingkungan Provinsi Bengkulu,” ujar Herdi.

      Dalam acara tersebut hadir semua Kepala Sekolah dan dewan Komite sekolah. Sehingga tujuan dalam mencegah jangan terjadinya pungli, baik yang paling kecil maupun besar di unsur pelayanan publik, dan lakukan apa yang telah diatur dalam perundang-undangan.

‘’Jangan membuat kebijakan sendiri diluar aturan/hukum yang telah ada. Dan jika ragu akan suatu kebijakan, dapat  berkomunikasi dengan saber Pungli Provinsi bertempat di Inspektorat Privinsi, Kantor Perwakilan Ombudsman atau dapat menghubungi call center saber pungli di 0736 23049 atau 0812 7112 0420.’’(AE-4)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

5 × 2 =