Senator Minta Pemerintah Tegas Soal TBS

Ekonomi & Bisnis Featured Pemda Provinsi Pertanian

M Saleh : Untuk Apa Ada Kesepakatan, kalau tidak ada sanksinya?

RBO, BENGKULU  – Pemerintah  tingkat Provinsi maupun Kabupaten diminta bersikap tegas terhadap perusahaan yang bergerak dibidang pengelolaan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit. Terlebih saat ini antara pemerintah dengan para pengusaha Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) sudah memiliki beberapa kesepakatan guna menindaklanjuti persoalan harga TBS.

      “Saya terus memantau perkembangan polemik harga TBS ini. Ironisnya, walaupun sudah ada kesepakatan antara pemerintah dengan PMKS, tapi hingga saat ini belum mampu menjadi solusi ataupun menjawab keluhan petani akibat anjloknya harga TBS,” ungkap anggota DPD RI, HM. Saleh, SE, Minggu (15/7).

      Maka dari itu, lanjut Saleh, pemerintah harus tegas. Karena bagaimanapun juga yang namanya kesepakatan harus ditindaklanjuti. “Kalau tidak seperti itu, dalam artian mampu menjawab keluhan petani untuk apa dibuat kesepakatan. Sementara dengan kondisi yang ada, petani sawit kian terpuruk,” kata Saleh.

      Menurutnya, kesepakatan yang telah diambil itu, merupakan solusi atau jalan tengah yang melibatkan perusahaan, pemerintah, bahkan juga mungkin perwakilan petani.

      “Jadi, kita harap kesepakatan itu juga harus dikawal. Ini supaya bisa diketahui tindaklanjut atau realisasinya sejauh mana,” tegas Saleh.

      Lebih jauh dikatakannya, yang jelas Iapun berharap agar persoalan harga TBS ini tidak terus berlanjut. Mengingat, ini memiliki dampak besar bagi para petani.

      “Kalau memang perusahaan yang ngeyel, dalam artian tidak mau menjalani kesepajatan, ya harus ditindaklanjuti oleh pemerintah. Mengingat masalah ini cukup serius,” tutupnya. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *