KPU Diserbu Parpol

KPU Diserbu Parpol

BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Pada hari terakhir pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) tingkat DPRD Provinsi Bengkulu, kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) diserbu sejumlah Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019. Ini lantaran cukup banyaknya pada hari terakhir tersebut, Parpol mengantre menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg.

Dari banyaknya Parpol yang mendaftar, maka yang lolos ke DPR/DPRD hanya sekitar 7 Parpol saja.  PolCOMM Institute mengatakan bahwa hasil survei mereka menunjukkan ada tujuh partai politik yang memiliki kans besar untuk lolos ke Senayan.

“Berdasarkan hasil survei PolCOMM baru-baru ini, partai yang lolos ‘parliamentary threshold’ (ambang batas parlemen) itu ada tiga, masih berurutan PDIP, Gerindra dan Golkar,” ungkap Direktur PolCOMM Institute Dr Heri Budianto M.Si, di Bengkulu, Selasa (17/7).

Selanjutnya, menurut Heri, berturut-turut partai politik yang mendekati ambang batas parlemen yakni, Demokrat, PKB, PAN dan PKS.

“Tapi bukan berarti partai-partai lain juga tidak memiliki kans, yang lain saya kira dalam pergerakannya hari ini terus bergerak secara masif,” katanya.

Peluang untuk parpol lain, termasuk pendatang baru, lanjutnya, masih tetap terbuka, namun juga bergantung bagaimana strategi mereka dalam menempatkan calon legislator yang mampu mendulang dan menjadi basis suara partai.

“Calon legislator mana saja nantinya yang akan ditempatkan, itu akan berpengaruh bagi elektabilitas partai tersebut,” urainya.

Sesuai pasal 414 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, mengatur bahwa ambang batas parlemen atau parliamentary threshold yakni empat persen dari total suara sah nasional.

Jika tidak mampu memperoleh suara setidaknya empat persen, maka sesuai undang-undang menurut Heri parpol tidak berhak mendapatkan kursi di parlemen.

“Oleh karena itu, dalam masa penyusunan daftar calon legislator (DCS) ini tentu partai akan memainkan strategi dengan membuat orang yang betul-betul memiliki basis massa menjadi caleg dan tepat penempatannya, karena perolehan suara caleg menentukan capaian suara secara nasional,” ujarnya.

Tertib dan Lancar

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, S.Ag, MM mengatakan, untuk hari kemarin yang sudah diserahkan Tanda Terima (TT) diantaranya partai Nasdem, yang sebelumnya dikembalikan. “Kemudian Gerindra, Hanura, PAN, PKB, PKS, dan Berkarya. Hingga sore ini baru itu yang sudah mendaftar, sisanya mungkin nanti malam (tadi malam,red),” ungkap Irwan, Selasa (17/7).

Menurutnya, pada hari terakhir memang cukup banyak yang mendaftar Bacaleg. Maka dari itu pembukaan pendaftaran ditutup hingga pukul 24.00 WIB. “Masih kita tunggu hingga nanti malam bagi Parpol peserta Pemilu untuk mendaftarkan Bacalegnya. Setelah masa pendaftaran, barulah berkas tersebut kita teliti secara administrasi,” kata Irwan.

Sementara itu pengurus tingkat Provinsi Bengkulu masing-masing Parpol, Susi Marleni Bachsin, H. Muslihan DS, H. Helmi Hasan, Heliardo, dan H. Sujono diwawancarai secara terpisah menyampaikan, kedatangan mereka untuk menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg, dan dinyatakan telah diterima sehingga tinggal menunggu tahapan selanjutnya.

“Target kita meraih suara terbanyak dalam Pileg mendatang. Untuk kuota Bacaleg Provinsi sudah kita penuhi, dan diyakini kompetitif. Sementara untuk DPR RI juga sudah ada, tinggal penyusunan nomor urut saja lagi. Hanya saja DPR RI ini DPP yang nantinya mendaftarkan ke KPU RI,” tutup mereka yang masing-masing diwawancarai usai menyerahkan berkas pendaftaran. (idn)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

16 − 8 =