Caleg Mukomuko Berpotensi  Tidak Penuhi Kuota

Featured Mukomuko

RBO >>  MUKOMUKO >>  Sampai tanggal 16 Juli, satupun partai di Mukomuko belum mendaftarkan Bakal Calon Legeslatifnya (Bacaleg). Dari pantauan RBI sejumlah partai baru terlihat mendaftar pada hari terakhir masa pendaftaran, Selasa (17/7).

      Partai Perindo menjadi yang pertama mendaftar sekitar pukul 10.00 WIB. Kemudian terlihat Partai Bekarya datang ke KPU Mukomuko membawa berkas pendaftaran sekitar pukul 11.40 WIB.

      Setelah Zuhur, giliran PKS mendaftar. Lalu dilanjutkan Gerindra sore harinya. Sampai dengan pukul 17.30 WIB baru ada empat partai yang mendaftarkan Bacalegnya.

      Ketua KPU Mukomuko, Irsyad saat ditemui wartawan radarbengkuluonline.com yang sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Dewan Pers Indonesia itu mengatakan, Selasa (17/7) pukul 24.00 WIB adalah batas akhir pendaftaran. Sementara ini peraturan mengatur setelah waktu tersebut, partai tidak dapat mendaftarkam Bacalegnya. Termasuk menambah kuota Bacaleg yang didaftarkan.

      “Berapa jumlah Bacaleg yang mendaftar hari ini, itulah jumlah Caleg yang bakal ditetapkan. Bertambah tidak boleh. Berkurang bisa jadi. Partai hanya bisa mengganti Bacaleg yang sudah didaftarkan dengan alasan tertentu,” jelas Irsyad kepada RADAR BENGKULU kemarin.

      Ia belum dapat menjelaskan berapa total Bacaleg yang sudah didaftarkan oleh empat partai ini.

Diduda, partai memilih  hari terakhir ini karena masih menyiapkan Bacaleg yang diusung serta menyiapkan kelengkapan syarat Bacaleg. Dengan kondisi sebagian besar parpol belum mendaftar ini di Mukomuko jumlah Caleg berpotensi kurang dari kuota sebanyak 400 Caleg.

      Kemungkinan ini diperkuat dengan pernyataan Ketua DPD Mukomuko Partai PSI, Melki bahwa PSI hanya mendaftarkan 9 Caleg.

“PSI malam nanti (kemarin malam) mendaftar. Tapi hanya Bacaleg Dapil I sebanyak 9 orang. Untuk Dapil II dan III tidak ada,” singkatnya. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *