Masyarakat Bengkulu Diminta Waspada Angin Kencang

Featured Pemda Provinsi Peristiwa

RBO <<  BENGKULU >>  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu mencatat dua ancaman cuaca yang saat ini perlu diperhatikan masyarakat. Diantaranya angin kencang dan gelombang laut yang cukup tinggi.

      Disampaikan oleh Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu Sudiyanto, SP kepada radarbengkuluonline com tadi pagi, masyarakat diminta untuk waspadai terhadap perubahan cuaca saat ini. Diketahui, untuk saat ini gelombang laut mencapai 4 meter. Sementara untuk kecepatan angin normal dari 5 hingga 10 knot, namun saat ini angin mencapai 10 knot hingga 15 knot. Hal ini berpengaruh terhadap gelombang laut yang cukup tinggi, sehingga kecepatan angin berbeda seperti biasanya.

Hal ini menurutnya dikarenakan akhir musim kemarau. Diperkirakan akan selesai pada 28 Juli mendatang. “Memang bulan ini untuk sampai 28 Juli mendatang gelombang laut sangat ekstrem sekali, sehingga mencapai 4 meter. Untuk angin kecepatan kalau normal 5 sampai dengan 10 knot.  Namun sekarang dengan adanya gelombang tinggi, sehingga berbeda hingga 10 sampai 15 knot. Arah angin ini dari timur ke barat daya. Jadi, waspadai dua cuaca angin dan gelombang laut,” terangnya.

Sementara itu, untuk suhu berubah sesuai kawasan daerah masing masing.  “Kalau suhu tergantung daerahnya. Dikarenakan memang ini puncak musim kemarau. Sedangkan biasanya April sampai September. Kalau sudah masuk hujan itu Oktober sampai Maret. Dengan puncak musim kemarau ini suhu ini panas, kadang malam rendah. Jadi perubahan cuaca menyebabkan angin kencang dan gelombang tinggi,” tambahnya.

      Pengaruh musim akhir ini berbeda. Ini karena adanya pengendalian kawasan bukit barisan. Dikarenakan dikawasan timur berbeda dari kawasan Bengkulu, sehingga waktu kemarau tidak jelas.

      “Pada waktu malam hari, angin ini seperti proses hujan waktunya pagi hingga sore, namun malamnya hujan curah sedang. Kalau gelombang laut malam bisa terjadi. Untuk diketahui, Bengkulu sepanjang waktu hujan. Tapi disini dikarenakan ada pengaruh bukit barisan, maka musim hujannya tidak jelas. Kami mengimbau nelayan agar menghindari melaut. Kalau terpaksa, silakan melaut dipinggir laut. Untuk masyarakat agar tidak melintas dikawasan pohon yang rentan rapuh, dan sebagainya. Memang gelombang laut mencapai 4 meter. Bahkan diwilayah Timur hingga 6 meter,” imbuhnya.(Cw1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *