Dilantik, Marjohan Berhak Dapat Fasilitas Sekda

Dilantik, Marjohan Berhak Dapat Fasilitas Sekda

BERBAGI
SENO/RBO Bupati Mukomuko, Choirul Huda,SH Lantik Marjohan sebagai Pj Sekda Mukomuko kemarin

RBO <<  MUKOMUKO >>  Kepala Bapelitbang Kabupaten Mukomuko, Drs. Marjohan kemarin resmi dilantik oleh Bupati Mukomuko, Choirul Huda, SH sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Mukomuko, Selasa (24/7) di aula Bapelitbang.

      Dilantiknya Marjohan sebagai Pj Sekda ini lantaran Sekda Mukomuko, Syafkani menjalankan ibadah haji.

      Dijelaskan pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Mukomuko, terkait tunjangan yang menjadi hak seorang Sekda, juga berhak diterima oleh Pj Sekda.

      “Tapi untuk tunjangan ini, beliau harus pilih. Mau tunjangan Sekda atau Kepala Bapelitbang. Beliaukan dua jabatan, Pj Sekda dan Kepala Bapelitbang,” kata Sekretaris BKPSDM Kabupaten Mukomuko, Edi Suntono, SH saat dikonfirmasi usai pelantikan kemarin.

      Terkait dengan wewenang, Edi menjelaskan, wewenang Pj Sekda tidak seratus persen sama dengan Sekda tetap. Untuk hal-hal yang prinsip, harus berkoordinasi dengan pejabat pembina kepegawaian.

      “Kalau sifatnya sudah sesuai aturan, beliau boleh langsung menindak lanjuti. Termasuk masalah keuangan,” terangnya.

      Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Mukomuko menyampaikan, ditunjuknya Marjohan sebagai Pj Sekda untuk kelancaran roda pemerintahan Kabupaten Mukomuko, khususnya terkait administrasi pemerintahan. Hal ini berkenaan Sekda, Syafkani berhalangan menjalankan tugas karena menunaikan ibadah haji.

“Bagi yang lain, jangan melihat senior junior. Lihat jabatannya. Ini semua demi kebaikan roda pemerintahan,” sampai Bupati.

      Ia juga mengingatkan Pj Sekda yang baru dilantik untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Melakukan percepatan atas tugas-tugas Pemkab Mukomuko.

“Bila perlu kinerja lebih baik dari sebelumnya,” tegas Huda.

Satu Ekor Sapi Ikut Melihat

 Entah kenapa satu ekor sapi kemarin masuk area perkantoran Pemerintah Kabupaten Mukomuko. Dari pantauan radarbengkuluonline.com, sapi itu pelangak-pelongok dihalaman Kantor Bapelitbang Mukomuko.

      Kejadian ini terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, satu jam sebelum pelantikan Drs. Marjohan sebagai Penjabat Sekda, yang mana diketahui, Marjohan sempat menjabat sebagai Kepala Dinas Satpol-PP dan Damkar. Dimasa ia menjabat, instansi ini gencar melakukan penertiban ternak yang dilepas liarkan.

Meskipun tidak ada hubungan sama sekali, sangat disayangkan, ternak masih berkeliaran di lingkungan perkantoran Pemkab Mukomuko.

      Saat wartawan RBI memotret sapi tersebut, sapi itu langsung berlari kearah belakang kantor Bupati. Terlihat sejumlah wartawan lain juga mengabadikan kejadian ini dengan kamera masing-masing.

      Saat salah seorang wartawan menunjukan foto sapi yang sedang masuk lingkungan perkantoran ini kepada Kadis Pol-PP dan Damkar, Ramdani, SE, Ia tampak keheranan.

      Katanya, ia sudah sering mengingatkan kepada anggota Satpol-PP yang bertugas di Setdakab Mukomuko untuk melapor jika melihat sapi berkeliaran di area perkantoran.

      “Saya sudah sering ingatkan anggota yang disini (Setdakab) kalau ada sapi telepon, biar bisa ditertibkan,” celetuknya saat ditunjukan foto tersebut. (sam)