Gedung PT BM Terbakar, Berkas Ludes, Kadis PBK jadi Korban

Featured Kota Bengkulu Peristiwa

RBO <<  BENGKULU >>  Gedung PT Bengkulu Mandiri (PT BM) yang terletak di Jalan Pembangunan Nomor 3 Simpang Padang Harapan, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu Selasa siang,(24/7) sekira pukul 13.30 WIB hangus terbakar. Akibat dari amukan api tersebut, semua peralatan dan berkas penting yang ada di gedung dua tingkat tersebut hanya meninggalkan puing-puing.

      Data yang dihimpun radarbengkuluonline.com kemarin, kejadian itu pertama kalinya diketahui salah satu anggota Polantas yang sedang menjalankan tugas rutinnya mengatur arus lalulintas di Simpang Padang Harapan ini. Ia melihat adanya asap berwarna kehitaman mengepul keluar dari gedung PT BM tersebut. Lantas ia pun langsung bergegas mendekati gedung dan memberitahukan kepada salah satu karyawan pada PT BM tersebut bahwa gedung tersebut terbakar. Perempuan yang menjadi sebagai staf di PT BM itu langsung panik. Saat itu sepeda motor miliknya yang terparkir di belakang gedung tersebut langsung diselamatkan anggota Polantas sebelum api meluas, membesar.

      “Memang sekira pukul 12.00 WIB tadi (Selasa red) kantor ini sedang kosong. Banyak karyawan yang pulang dan keluar istirahat. Karyawan yang ada di kantor saat itu hanya ada satu orang staf. Selebihnya keluar istirahat,” ucap Direktur Utama (Dirut) PT BM, Asmawi Syaidina Selasa, (24/7).

Diungkapkan, api pertama bersumber dari lantai dua. Secara keseluruhan semua barang-barang dan berkas dan dokumen penting yang ada di ruang staf dan sekretariat di lantai dua itu rata-rata semuanya hangus terbakar. Kemudian lantai satu juga ada sebagian yang terbakar, namun tidak secara keseluruhan. Sementara, untuk dugaan sumber api, belum dapat dipastikan dari mana. Sebab, kejadian ini terjadi saat kantor sedang dalam keadaan kosong.

      “Kalau sumber api kita belum tahu pasti ya. Kita serahkan dengan pihak yang berwajiblah untuk melakukan penyelidikan. Apa penyebab terjadinya kebakaran ini. Yang jelas berkas dan dokumen penting rata-rata semuanya habis terbakar,” ungkapnya.

Sementara Kepala PBK Kota Bengkulu, Syaiful Apandi S.Sos melalui Kabid Pengendalian dan Pemadam Kebakaran, Endang Aprizal saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya mendapat informasi terjadinya kebakaran ini sekira pukul 13.30 WIB. Pihaknya yang mendapat kabara itu langsung meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan semua pos dan armada milik PBK dikerahkan untuk memadamkan api tersebut. Berkat kerja keras pihaknya, sehingga lantai satu gedung PT BM tersebut sebagian masih bisa diselamatkan, dan api juga belum sempat merembet ke bangunan lain karena sudah berhasil dipadamkan tim yang dijuluki pantang pulang sebelum padam tersebut.

      “Ya, kita waktu dapat kabar adanya kebakaran ini langsung bergerak. Semua personel, dan armada dikerahkan. Meski pun lantai dua gedung ini sudah ludes, tetapi Alhamdulillah api dengan cepat berhasil kita padamkan dan sebagian ruangan di lantai satu dan barang-barang lainnya masih bisa diselamatkan,”kata dia.

Dijelaskan, Kepala PBK Saiful Apandi yang turun langsung memimpin personel untuk memadamkan api tersebut mengalami kecelakaan. Yang bersangkutan yang ikut memanjat tembok ketinggian sekitar 4 meter tergelincir, sehingga terjatuh, dan beliau langsung dilarikan ke Rumah Sakit Kota untuk mendapatkan pertolongan medis.

      “Ya, pak Kadis jatuh saat memadamkan api  dan beliau langsung kita larikan ke rumah sakit Kota. Hingga sekarang ini beliau masih dirawat di rumah sakit. Mudah-mudahan yang bersangkutan tidak mengalami cidera yang berat,” jelasnya.

Sementara untuk penyebab dan sumber api, lanjut dia, hingga saat ini belum dapat dipastikan apa penyebabnya. Apakah korsleting listrik  atau ada unsur kesengajaan. Untuk mengetahui pasti penyebabnya, sudah diserahkan dengan pihak yang berwajib.

      “Untuk memastikan penyebab kebakaran ini kita serahkan dengan pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan. Sekarang ini masih dalam proses penyelidikan. Nantilah kita lihat pasti apa penyebanya,” demikian ucapnya.(ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *