BOP Belum Cair, Forum RT RW Sesalkan Kinerja Camat

Ekonomi & Bisnis Featured Kota Bengkulu

RBO, BENGKULU – Jelang hari Raya Idul Fitri 1439 H pada bulan Juni lalu dari Forum Komunikasi (FK) RT RW Kota Bengkulu sudah mewanti-wanti dan mengharapkan kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu terkait pencairan dana Bantuan Operasional (BOP) untuk para Ketua RT dan RW se Kota Bengkulu agar dicairkan segera. Dari sembilan kecamatan  yang ada ternyata ada beberapa kecamatan yang sudah melakukan pencairan BOP. Dan masih ada beberapa kecamatan yang belum. Salah satunya Kecamatan Gading Cempaka yang belum melakukan pencairan BOP.

       “Sejak bulan puasa lalu, kami sudah menyampaikan. Bahkan secara resmi FK RT RW telah berkirim surat ke Sekda dan ditembuskan ke Pj Walikota Bengkulu perihal pencairan dana BOP untuk kebutuhan para Ketua RT dan RW. Bahkan saat itu Sekda Pak Marjon sudah mengakomoddir akan mencairkan BOP tersebut sesuai permintaan Forum. Namun ternyata masih ada saja beberapa kecamatan yang ternyata Pak Camat beserta bendaharanya lambat mengurus proses untuk pencairan BOP tersebut,” sesal Ketua FK RT RW Kota Bengkulu Dharma Setiawan SH, kepada RADAR BENGKULU kemarin (30/7).

      Dijelaskan oleh Ketua Forum Komunikasi RT RW Kota Bengkulu tersebut, saat ini jumlah BOP yang diterima oleh masing-masing Ketua RT dan RW sebesar Rp 500 ribu perbulan. Dan pencairannya dilakukan pertriwulan.

       “Yang kita sesalkan, kok kenapa ada Kecamatan lain seperti Ratu Agung, Teluk Segara dan Sungai Serut itu sudah pencairan BOP untuk dua bulan. Sementara di kecamatan lainnya kok begitu lambat. Bahkan sampai belum cair sekarang. Sebenarnya BOP ini meskipun jumlahnya tidak begitu besar, namun cukup dibutuhkan oleh para Ketua RT dan RW mengingat kemarin selain untuk kebutuhan Lebaran, juga untuk kebutuhan anak-anak masuk sekolah,” tegas Iwan Kadar — panggilan akrabnya.

      Sebelumnya dari Ketua RT 04 Kelurahan Jalan Gedang, Netty Herawati dia menambahkan, memang untuk BOP para Ketua RT dan RW di Kecamatan Gading Cempaka masih belum cair.

       “Sementara di kecamatan lain sudah ada yang mau pencairan kembali, dimana sebelumnya mereka sudah cair BOP nya dua bulan. Kita yang di Gading Cempaka belum cair sama sekali. Artinya, kalau dihitung sejak bulan April hingga Juli sudah empat bulan BOP belum cair. Dan saya sudah pernah menanyakan langsung pada Pak Camat, katanya Bulan Juli akan dicairkan. Tapi hingga hari ini sudah tanggal 30 Juli dan sudah akan masuk Bulan Agustus BOP kita di Kecamatan Gading Cempaka masih belum cair,” cecar Netty.

      Sementara saat dikonfirmasi terhadap Camat Gading Cempaka, Soni Risdianto dia membenarkan hal tersebut. Tapi menurutnya, pencairan BOP untuk para Ketua RT dan RW di Kecamatan Gading Cempaka akan segera dicairkan.

       “Sudah kami proses dan akan segera pencairan untuk BOP tersebut. Jika tidak ada halangan, besok (Hari ini-red) dana BOP sudah kami salurkan ke masing-masing kelurahan,” kata Camat Gading Cempaka tersebut.(idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *