Harimau Mangsa Puluhan Ekor Kambing Warga Talang Sebaris

Featured Seluma

 Aparat Diminta Turun Tangan

RBO <<  SELUMA >>  Teror harimau Sumatera masih saja mengancam sejumlah warga di pedalaman Kecamatan Sukaraja, khususnya di Desa Talang Sebaris. Dimusim buah durian ini, penampakan harimau jantan berukuran besar kerap terlihat di pondok dan pemukiman warga. Bahkan sudah memangsa sekitar 30 ternak kambing warga selama sekitar 8 bulan terakhir.

“Sejak 8 bulan terakhir, ada sekitar puluhan ekor kambing milik warga desa kami yang di mangsa harimau,” ujar Wiludin (62), warga Desa Talang Sebaris Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma saat diwawancarai radarbengkuluonline.com yang sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Dewan Pers Pusat Minggu (29/7).

Menurut Wiludin, kemunculan harimau makin kerap terlihat saat warga beraktivitas di kebun dan menunggu buah durian. “Dalam seminggu ini sudah 3 ekor kambing yang dimangsa. Diantaranya 1 ekor kambing jantan dan 2 ekor kambing betina saya dimakan harimau saat berada di kandang pondok kebun yang berjarak 1,2 Kilo meter dari pemukiman warga,” cerita Wiludin.

Warga selain cemas, saat ini mulai berhati-hati serta membatasi aktivitas keluar rumah. Terutama saat malam hari. “Harimau sering terlihat mengintai ternak kambing saya di kandang berukuran 10 x 5 meter. Kami menyadari harimau merupakan hewan langka yang dilindungi. Sementara kami juga warga butuh perlindungan,” kata Wiludin.

Senada diungkapkan Poniman (50), warga sekitar. Pihaknya berharap agar keberadaan harimau dapat segera ditangkap. “Diduga akibat rusak habitatnya, sehingga dia mulai merambah ke wilayah pemukiman warga,” sampai Poniman.

Sejauh ini untuk mengatasi hal itu, petugas BKSDA  telah memasang sejumlah perangkap di titik kemunculan harimau. ”Semoga hal ini bisa membuat ciut nyali harimau untuk tidak masuk ke perkampungan warga, terutama desa kami,” harapnya. (0ne)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *