Anarulita Salurkan Bantuan Umi

Ekonomi & Bisnis Featured Pemda Provinsi Politik

Anarulita: Bantuan Permodalan Untuk Ibu-Ibu

RBO, BENGKULU – Legislator anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi NasDem Dapil Provinsi Bengkulu, dr Anarulita Muchtar menyalurkan program bantuan permodalan untuk warga masyarakat Bengkulu khusus ibu-ibu dari pemerintah pusat lewat program pihak Kementerian Keuangan yang dinamakan Permodalan Nasional Madani (PNM).

“Jadi PNM ini merupakan bagian dari program Kementerian Keuangan. Ini adalah merupakan turunan dari Pembiayaan Investasi Pemerintah (PIP) yang langsung dibawah Kementerian Keuangan. Program mereka ada yang namanya Mekaar dan mengeluarkan produk Ultra Mikro (Umi) yang artinya sangat kecil khusus ibu-ibu dengan bantuan permodalan masing-masing Rp 2 juta,” ungkap Anarulita saat ditanyai usai menyalurkan bantuan PNM Mekaar Cabang Kampung Melayu Kota Bengkulu, sore Selasa (31/7).

Dijelaskan Anarulita, program dari pemerintah pusat ini, bertujuan untuk membantu warga masyarakat terutama ibu-ibu dalam hal permodalan, agar ibu-ibu dapat ikut membantu perekonomian keluarganya.

“Dengan adanya Umi ini pemerintah memberikan bantuan permodalan, dengan jumlah yang kecil tanpa agunan dan tanpa embel-embel administrasi yang ribet. Karena mereka sangat perlu sekali permodalan untuk meningkatkan income keluarganya membantu suaminya dalam bidang usaha kecil-kecilan. Dengan adanya bantuan program Umi ini diharapkan ibu-ibu dapat berada dalam on the right track,” jelasnya.

Sejak diluncurkannya Umi dan Kota Bengkulu ada dua kecamatan yaitu Selebar serta Kampung Melayu yang jadi percontohan. Anarulita meyakini, kedepan program ini akan mampu berjalan dengan baik dan berkembang di Provinsi Bengkulu.

“Kalau saat ini program ini baru di Kecamatan Kampung Melayu dan Selebar baru dua kecamatan diuji coba, sudah ada 875 penerima atau 70 kelompok yang tersebar di Selebar dan Kampung Melayu. Program ini baru dimulai bulan Mei, kita pembinaan dulu terhadap para petugas yang akan menjadi pembina atau pembimbing Umi. Untuk sementara, sekarang maksimal bantuan permodalan ini Rp 2 juta perorang. Kedepan nanti akan ada penambahan bantuan permodalan, tapi nanti bukan lagi ultra mikro namanya. Dan yang mendapatkan bantuan program Umi ini semua jenis usaha mikro, maupun UMKM untuk ikut membantu perekonomian keluarga,” ujar anggota Komisi XI DPR RI tersebut.

Sebelumnya dari salah seorang ibu-ibu yang mendapatkan program Umi. Eka warga RT 04 saat sesi tanya jawab, dia mengatakan, sangat berterima kasih atas program bantuan permodalan tersebut, hanya saja dia berharap kedepan juga ada tambahan bantuan modal usaha seperti gerobak atau yang lainnya.

“Kalau bisa selain bantuan modal berupa dana juga ada bantuan seperti gerobak dan yang lainnya,” harapnya.

Adapun dari Kepala Cabang PNM Mekaar Kampung Melayu, Novi Novera menambahkan, program ini sementara baru mulai dilaksanakan.

“Kita lihat antusias masyarakat terutama ibu-ibu cukup tinggi. Dan kami dari setiap kelompok yang kita bina jumlah anggotanya minimal 10 orang, di Cabang Kampung Melayu kita sudah ada 37 kelompok. Harapan kita kedepan, program bisa berjalan dengan baik dan lancar,” singkatnya. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *