Kalbang Rancang Pembangunan Lewat Musdes Penyusunan RKPDes

Kalbang Rancang Pembangunan Lewat Musdes Penyusunan RKPDes

BERBAGI
BERLIAN/RBO Kades Syahmembi Kurniawan.R beserta jajaran, BPD, tokoh masyarakat, Kasi PMD, Bhabin Kamtibmas dan pendamping Desa saat Musdes Penyusunan RKPDes Kalbang kemarin

RBO >>  ARGA MAKMUR >>  Untuk mewujudkan pelaksanaan pembangunan secara terencana dan terintegrasi di Desa ini, Pemdes dan BPD Sadei Kalbang, Kecamatan Lais BU melaksanakan Musyawarah desa (Musdes) bertempat di Balai Desa setempat kemarin. Dari pantauan radarbengkuluonline.com kemarin, pelaksanaan Musdes ini untuk menyusun Recana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2019 mendatang.

      Hadir dalam Musdes Penyusunan RKPDes ini jajaran Pemdes, BPD, tokoh masyarakat dan warga yang antusias memenuhi Balai Desa untuk mengikuti hajatan penting dalam perencanaan pembangunan desa ini.

      Begitu  pula dengan Camat Lais yang diwakili Kasi PMD, Marbun, Bhabin Kamtibmas dan Pendamping desa hadir dan pro aktif dalam hajatan tersebut.       Dalam Musdes ini tokoh masyarakat dan warga tampak antusias menyampaikan masukan , saran dan usulan untuk pembangunan di Sadei mereka.

Kades Kalbang, Syahmembi Kurniawan atau yang akrab disapa Tiak Gali menjelaskan, ia mengapresiasi banyaknya tokoh masyarakat dan warga yang hadir dan antusias dalam Musdes Penyusunan RKPDes tahun 2019 oleh Pemdes dan BPD Sadei Kalbang ini.

      Dipaparkan Tiak Gali, pemdes berkomitmen mewujudkan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat Desa yang benar-benar merupakan aspirasi masyarakat bawah dari Dusun  yang ada di Kalbang. Sehingga bila masyarakat merasa dilibatkan dalam membangun desa, sejak dari perencanaannya, maka masyarakat akan merasa lebih memiliki aktifitas pembangunan desa. Sebab berdasarkan aspirasi mereka sendiri. Namun setiap usulan  ini mesti termaktub dalam RPJMD desa Kalbang, sehingga sejalan dengan RPJMD yang ada dan tetap mengedepankan skala prioritas.

      ‘’Musdes RKPDes ini bukan hanya membahas prihal usulan yang akan dibiayai APBDes saja, akan tetapi juga dapat diusulkan untuk APBD BU, APBD Provinsi, bahkan APBN sekalipun,’’ujar Tiak Gilang optimis.(bri)