Lubuk Semantung Perkuat Perangkat Lewat Pelatihan Siskeudes

Lubuk Semantung Perkuat Perangkat Lewat Pelatihan Siskeudes

BERBAGI
BERLIAN/RBO Kades Lubuk Semantung Syapi'ul Amin

RBO >>  ARGA MAKMUR >>  Komitmen Pemdes Lubuk Semantung, Kecamatan Tanjung Agung Palik BU, untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat dan dalam tata kelola administrasi desa terus diikuti dengan peningkatan kapasitas bagi perangkat desa mereka.

Upaya peningkatan kapasitas bagi perangkat desa ini diwujudkan dengan adanya kegiatan pendidikan, pelatihan  dan  penyuluhan bagi Kades dan perangkat desa. Begitu pula dalam tata kelola administrasi dan keuangan yang disinergikan dengan penguasaan Ilmu pengetahuan dan teknologi digital bagi jajaran Pemdes juga dilakuka Pemdes Lubuk Semantung lewat program peningkatan kapasitas.

      Dalam ini kegiatan pendidikan dan pelatihan  Sistem Administrasi Keuangan Berbasis Digital (Siskeudes) bagi perangkat Desa dihelat Pemdes Lubuk Semantung di kantor desa setempat kemarin.

      Menurut Kades Lubuk Semantung, Syapi’ul Amin, pada radarbengkuluonline.com tadi pagi, pendidikan dan pelatihan Siskeudes bagi perangkat desa ini bertujuan agar perangkat desa lebih memahami tugas-tugas pokok dan fungsi mereka masing-masing serta meningkatkan kemampuan administrasi dan tata kelola pemerintahan desa secara maksimal guna mewujudkan pemdes yang transparan, terukur dan akuntabel.

      ‘’Apalagi saat ini sistem perencanaan pembangunan dan aplikasinya dalam kegiatan Pemdes saat ini mewajibkan adanya Siskeudes di setiap desa,’’jelasnya.

      Dipaparkannya, saat ini Pemdes sedang melaksanakan pembangunan sarana prasana dan infrastruktur desa serta meningkatkan kapasitas kelembagaan dan kelompok di desa lewat pembinaan maupun pemberdayaan masyarakat desa.(bri)