Bawaslu Kabupaten/Kota Diminta Segera Awasi Pileg dan Pilpres

Bawaslu Kabupaten/Kota Diminta Segera Awasi Pileg dan Pilpres

Iwan/RBO: Parsadaan Harahap, Ediansyah Hasan dan Patimah Siregar usai dilantik Bawaslu RI untuk menjadi komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu periode 2017-2022, Rabu (20/9)
BERBAGI:

Parsadaan Harahap : Kinerja Harus Ditingkatkan

RBO >> BENGKULU >>  Dengan telah dilantiknya 30 orang komisioner Bawaslu di 10 Kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu, Bawaslu Provinsi Bengkulu meminta agar mereka segera bekerja dan mengawasi tahapan Pileg dan Pilpres serentak yang telah dimulai.

       “Jadi, setelah mereka dilantik ini, yang pertama mereka harus menetapkan terlebih dahulu ketuanya. Setelah itu koordinasi dengan Panwascam yang sudah ada, serta koordinasi dengan pihak terkait. Setelah itu, mereka juga sudah harus langsung terjun mengawasi pelaksanaan tahapan Pileg dan Pilpres yang telah berjalan saat ini. Sebab, untuk pesta demokrasi ini, tidak bisa sukses dengan kita sendiri. Harus bersama-sama membangun kerjasama dengan seluruh elemen untuk menyukseskannya,” ungkap Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harahap SP, M.Si, kepada radarbengkuluonline.com  kemarin (15/8).

      Dengan dilantiknya komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota ini, paparnya, maka secara otomatis, masa tugas Panwaslu berakhir dan berganti dengan Bawaslu, sesuai undang-undang nomor 7 tahun 2017.

       “Jadi, masa jabatan mereka tidak lagi ad hock. Sekarang sudah permanen lima tahun satu periode jabatannya. Sebab itu, kami minta pada komisioner terpilih agar dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya sebaik mungkin. Kemudian, tingkatkan soliditas. Jaga integritas serta tingkatkan kinerja. Sebab, dengan tidak lagi ad hock, maka dari itu, mereka harus meningkatkan kualitas kinerjanya. Sebab, sudah jadi lembaga permanen,” jelasnya.

      Selain itu, dalam rangka fasilitas sekretariat, akan ada surat edaran, dimana Kepala Sekretariat di kepalai oleh seorang eselon tiga.

       “Kalau dulu masih Kasek yang PNS non eselon. Tapi karena lembaga ini sudah permanen, maka Kaseknya harus PNS eselon tiga. Kemudian dibawah Kasek ada Kasubbag, eselon empat. Artinya, secara lembaga ada penguatan,” pungkasnya. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

nine + 4 =