Diversi, Pengemudi Maut di Cahaya Negeri Tidak Diproses Hukum

Diversi, Pengemudi Maut di Cahaya Negeri Tidak Diproses Hukum

BERBAGI:

RBO >>  SELUMA >>  Jajaran Satlantas Polres Seluma Rabu (15/8) menggelar diversi perkara lantas. Perkara yang terjadi pada Sabtu (4/8) sekitar pukul 20.00 WIB itu melibatkan seorang pelajar atas nama Leo Roma Saputra, warga Desa Bukit Peninjauan II, Kecamatan Sukaraja. Merujuk pada Pasal 1 angka 7 UU 11/2012, pengertian diversi adalah pengalihan penyelesaian perkara Anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana.

Leo Roma Saputra diduga menabrak pejalan kaki atas nama Nova, warga Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Sukaraja. Saat kejadian, pengendara  menggunakan sepeda motor Honda Supra BD-2671-PJ menabrak korban saat berjalan kaki yang mengakibatkan korban meninggal dunia, sebagaimana dimaksud dalam Laporan Polisi ; LP/50-A/VIII/2018/Lantas Tanggal 04 Agustus 2018.

“Dari hasil kesepakatan disampaikan,  pihak tersangka memberikan santunan kepada pihak korban. Pihak korban menyatakan tidak  akan melanjutkan perkara tersebut dan tidak akan memproses secara hukum pidana sebagaimana diatur dalam pasal 7 UU no 11 Tahn 2012 Tentang Sistem peradilan anak dengan telah disepekatinya musyawarah diversi,” sampai Kasat Lantas Polres Seluma, Iptu. Aan Setiawan, Rabu (15/8).

Pada musyawarah tersebut diambil kesepekatan diversi, dihadiri perwakilan Bapas Bengkulu, tersangka, orang tua tersangka, suami korban.

“Dengan hasil kesepakatan itu, selanjutnya pihak penyidik akan memintakan ketetapan dari Pengadilan untuk menghentikan perkara tersebut,” sampai Kasat Lantas kepada radarbengkuluonline.com kemarin. (0ne)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

six + 1 =