KPU Proses Penambahan Komisioner Delapan Kabupaten/Kota

Daerah Featured Hukum & Kriminal Politik

Irwan Saputra : Sebelum Masa Kampanye Sudah Selesai

RBO, BENGKULU – Setelah adanya putusan MK yang mengakomodir bahwa jumlah komisioner KPUD untuk kabupaten/kota menjadi lima orang, saat ini pihak KPU Provinsi Bengkulu mulai melakukan proses untuk penambahan dua orang komisioner KPUD di delapan kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

“Terkait penambahan komisioner tersebut,  sekarang sudah dimulai tahapannya. KPU Provinsi, tim seleksi sebelumnya diminta untuk menyampaikan dokumen-dokumen hasil seleksi kemarin dan dibuat peringkat. Dari hasil seleksi tahapan terakhir saat wawancara, mulai dari peringkat 1 sampai 15. Kemudian data itu nanti diserahkan oleh timsel melalui KPU Provinsi ke KPU RI. Nanti oleh KPU RI dari 15 nama itu akan diambil tujuh untuk dilakukan fit and proper test,” ungkap Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra S.Ag, MM, Jumat (31/8).

      Estimasinya nanti, lanjutnya, setelah KPU RI memilih tujuh. Artinya, ada 10 kandidat dimana tiga yang pertama sudah terpilih dan akan diambil masing-masing dua orang untuk tambahan di delapan kabupaten/kota. “Setelah diambil tujuh itu, setelah dilakukan verifikasi, maka akan terpilih dua, ditambah tiga komisioner yang sudah ada. Artinya, ada lima komisioner KPUD kabupaten/kota nanti,” terang Irwan.

      Adapun untuk proses seleksi calon komisioner KPUD tambahan, direncanakan sebelum dimulainya masa tahapan kampanye tanggal 23 September, maka sudah terpilih dan lengkap lima komisionernya.

       “Kita untuk KPU Kabupaten Kaur dan Bengkulu Selatan, jumlah komisionernya sudah lima orang. Dan untuk yang delapan kabupaten/kota ini, direncanakan, sebelum tahap masa kampanye sudah terpilih dan dilantik oleh KPU RI,” pungkasnya. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *