407 Pejabat Pemprov Dilantik, Plt Kadis PUPR dan BPSDM Dirombak

Ekonomi & Bisnis Featured Pemda Provinsi Politik

Sekda: Mutasi Bukan Pembunuhan Karier

RBO, BENGKULU – Sejak awal Januari 2018 lalu Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu melakukan pergantian sembilan eselon II. Kemarin Rabu (05/09) Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, SE MT mengambil sumpah terhadap pergantian jabatan sebanyak 106 Eselon III, dan 299 Eselon IV. Mutasi tersebut dijajaran jabatan administrator, dan jabatan pengawas di lingkungan Pemprov Bengkulu. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan di Gedung Serba Guna (GSG) Kantor Gubernur Bengkulu, Rabu pagi (05/09/18).

Disampaikan Sekda, pergantian jabatan ini merupakan penyegaran di badan birokrasi pemerintahan. Menurutnya mutasi bukan merupakan pembunuhan karier, melainkan sebagai pengembangan karier bagi para pelaksana jabatan baik Eselon III dan IV.

“Saya tidak mengatakan mutasi, ini adalah penyegaran agar melakukan pengembangan diri apratur sipil negara. Agar mereka dapat menimba ilmu di tempat berbeda. Karena mutasi bukan merupakan pembunuhan karier,” terangnya.

Sekda menambahkan kekosongan untuk pengisian Pelaksana Tugas PUPR dan BPSDM ini menjadi pertimbang oleh pihak pusat sendiri. Selain itu, pihaknya optimis dalam waktu dekat akan mengupayakan mengisi jabatan definitif. “Untuk Pelaksana Tugas ini, dikarenakan posisi jabatan saat ini kosong sehingga digantikan. Untuk Plt Kadis PUPR kembali ke Seketaris Dinas ESDM kembali ke semula. Sedangkan pengisian definitif kita upayakan secepatnya mungkin ditahun ini. Setelah dengan pergantian ini harus ada semangat baru itu harapan kita. Mutasi ini sebagai pengembangan karier, itu yang harus di ingat,” tambahnya.

Alasan dilantik kembali ini, merupakan perubahan nomenklatur serta adanya UPT yang baru, UPT yang tidak ada lagi atau dihapuskan dan UPT yang digabung. Sementara itu, mengingat banyaknya beberapa para pejabat yang ikut non job sewaktu jabatan era Gubernur non aktif Ridwan Mukti.

“Sebagian besar memang untuk pengukuhan UPTD, untuk OPD ini dikarenkan ada yang pensiun dan mungkin ada yang bermasalahkan. Selebihnya tidak ada, non job tidak ada. Untuk dua cabang dinas OPD Dikbud dan ESDM ini masih dalam pembahasan yang lain sudah semua,” terang Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu Ir Diah Irianti, M.Si.

Menariknya, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu dan Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ikut digeser. Diketahui Mantan Plt Kadis PUPR Oktaviano kembali menduduki jabatan sebagai Seketaris Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bengkulu. Jabatan yang ditinggalkan diisi oleh Ir Maulizar Agustin mantan Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda yang ikut non job di era Ridwan Mukti. Sedangkan untuk mantan Plt Kepala BPSDM Provinsi Bengkulu Fevri Herlina diganti oleh Chairil Anwar yang merupakan mantan Kepala Kantor Perwakilan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Dikarenkan selama ini Seketaris Dinas ESDM menjabat sebagai Plt Kadis PUPR, itu menyeberang pastinya tidak akan maksimal. Dikarenakan pejabat sudah diisi menjadi Seketaris PUPR maka diangkat menjadi Plt Kadis sekarang. Dikarenakan kemarin saat itu kosong, maka diisi oleh Seketaris Dinas ESDM. Sedangkan yang menjabat Plt Kadis BPSDM saat ini dulu merupakan mantan Kepala Kantor Perwakilan Pemerintah Provinsi Bengkulu, sedangkan Plt Kadis BPSDM sebelumnya menempati jabatan Kepala Bidang Pengembangan Aparatur,” imbuhnya. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *