Perpustakaan Mukomuko Terima 1.000 Buku dari Pusat

Featured Mukomuko

RBO >>  MUKOMUKO >>  Bertambah lagi koleksi buku di Perpustakaan Daerah (Pusda) Kabupaten Mukomuko. Kamis (6/9) kemarin, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DKPD) menerima kiriman hibah buku dari Perpustakaan Nasional (Pusnas RI).

      Kabid Pelayanan Perpustakaan DKPD Kabupaten Mukomuko, Juni Kurniadiana, S.IP mengatakan, Pusnas tahun ini menghibahkan 500 judul buku dengan total 1.000 eksemplar.

“Kita bersyukur dengan ada tambahan buku ini. Artinya, bertambah pula bahan referensi bacaan masyarakat kita,” ujarnya kepada radarbengkuluonline.com  Kamis (6/9).

Diungkapkannya, dari 500 judul buku tersebut terdiri dari berbagai katagori. Mulai dari pertanian, pengetahuan umum dan pendidikan.

“Kalau jenis buku yang kita terima beragam. Memang seluruh lapisan masyarakat yang menjadi sasaran. Mulai dari pertanian, peternakan, buku yang bersifat umum serta buku berbasis pendidikan untuk para pelajar,” jelasnya.

Dengan ada tambahan koleksi buku ini, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Mukomuko berencana bakal menggulirkan sebagian buku yang ada di Pusda Mukomuko ke Perpustakaan Desa (Pusdes).

“Kita lakukan gayung bersambut. Pusnas mendorong minat baca masyarakat daerah dengan menghibahkan buku, Pusda kita juga rencananya akan menggulirkan buku ke Pusdes. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca masyarakat ditingkat desa,” bebernya.

Tambahnya, dengan ada tambahan 1.000 buku dari Pusnas ini, total koleksi buku di Pusda Mukomuko mencapai 21.000 eksemplar.

“Dari data kita sebelum ada hibah dari Pusnas ada sekitar 20.000 buku. Artinya sekarang ada sekitar 21.000 buku. Tapi nanti akan kita verifikasi lagi untuk memisahkan buku yang sudah usang,” pungkasnya. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *