Bupati Mukomuko Lepaskan Logistik Pilkades

Featured Mukomuko

RBO >>  MUKOMUKO >>  Pendistribusian Logistik Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Mukomuko  sempat  dijadwalkan Senin (10/9) lalu. Tapi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPMD) Mukomuko merealisasikannya kemarin, Selasa (11/9) atau bertepatan dengan 1 Muharram 1440 H.

      Pendistribusian logistik Pilkades serentak ke 38 desa ini dilepas langsung oleh Bupati Mukomuko, Choirul Huda, SH. Pendistribusian menggunakan lima kendaraan roda empat jenis mobil Pick Up. Masing-masin angkutan logistik dikawal anggota Polri.

      Jenis logistik yang didistribusikan yakni kotak suara masing-masing desa sebanyak 2 buah, surat suara dengan jumlah sesuai daftar pemilih tetap (DPT) desa masing-masing dan dilebihkan 10 persen dari total serta sejumlah peralatan lain seperti ATK.

      Dalam sambutannya sebelum melepas logistik Pilkades, Bupati berpesan kepada panitia pelaksana untuk melaksanakan Pilkades ini sebaik mungkin dan seadil mungkin.

      Ia berharap Pilkades ini dapat berjalan lancar. Tidak terjadi permasalahan dan terpilih pemimpin yang berkualitas.

      “Kami berpesan kepada penyelenggara untuk menjaga netralitas. Tidak ada kepentingan lain kecuali untuk menyukseskan Pilkades ini. Tidak ada rekayasa Pilkades dilaksanakan dengan jujur. Sehingga melahirkan pemimpin-pemimpin ditingkat desa yang berkualitas,” terangnya saat dikonfirmasi.

      Sementara itu, untuk keamanan Pilkades serentak ini, Polres Mukomuko akan menurunkan ratusan personel yang akan ditugaskan di tempat pemungutan suara (TPS) dan yang patroli.

      `”Masing-masing TPS kita terjunkan 2 anggota untuk keamanan. Selain itu ada yang patroli,” kata Kapolres Mukomuko, AKBP Yayat Ruhiyat, S.IK dikonfirmasi radarbengkuluonline.com usai menghadiri pelepasan Logistik.

      Ditanya soal desa yang berpotensi terjadi konflik pasca Pilkades, Kapolres mengatakan tidak ada desa yang dipantau secara khusus. Semua desa yang melaksanakan Pilkades serentak dipantau sama.

      “Pengamanan dan pemantauan tetap kita lakukan. Tapi muda-mudahan berjalan sesuai dengan yang kita inginkan,” demikian Yayat.

      Untuk diketahui, tahun ini ada 38 desa melaksanakan Pilkades yang dilaksanakan hari ini, (Rabu, 12/9). 38 desa itu tersebar di 13 kecamatan. Desa yang paling banyak melaksanakan Pilkades hari ini adalah Kecamatan Selagan Raya, yakni 7 desa. Kemudian Kecamatan Malin Deman, Ipuh dan V Koto masing-masing ada 4 desa yang melaksanakan Pilkades, Air Manjuto, Air Dikit dan Penarik masing-masing 3 desa, Lubuk Pinang, Kota Mukomuko, Teras Terunjam dan Air Rami masing-masing 2 desa serta Pondok Suguh dan Teramang Jaya masing 1 desa. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *