Kamis Siang Tabut Tebuang di Karabela

Ekonomi & Bisnis Featured Kota Bengkulu Pariwisata Sosial & Budaya

RBO, BENGKULU – Pelaksanaan kegiatan event budaya festival tabut dalam rangka menyambut masuknya tahun baru Islam 1440 H berakhir besok kamis. Dimana untuk kegiatan festival budaya tabut nanti malam sudah akan dilakukan tabut besanding atau yang istilah KKT tabut gedang berarak.

 “Besok malam (hari ini-red) tabut besanding setelah itu siang Kamis usai salat zuhur kita melaksanakan prosesi pembuangan tabut di Karabela,” ungkap bendahara KKT Bengkulu Wahyudi, Selasa (18/9).

      Dijelaskan oleh Yudi panggilannya, setelah malam puncak tabut berarak, siang hari Kamis, setelah melaksanakan salat zuhur di mesjid, maka mereka akan berkumpul dan dilepas oleh Plt Gubernur di Gedung Daerah.

 “Kita salat dulu di mesjid-mesjid terdekat, ada yang di Mesjid Kantor Dinas PU Provinsi, juga di mesjid lainya sekitar lokasi Gedung Daerah,” jelasnya.

      Kenapa untuk prosesi pembuangan tabut mereka laksanakan setelah salat zuhur? Hal itu lanjut Yudi, mengingat jika pelepasan pembuangan dimulai pukul 10.00 nanti untuk lokasi mereka salat diperkirakan belum tepat. “Jadi kita pelepasan usai zuhur. Setelah itu kita berjalan menuju Karabela, diperkirakan saat salat ashar kita sudah tiba di Simpang Sekip dan bisa melaksanakan saat di mesjid Simpang Sekip,” lanjutnya.

      Kemudian yang akan dibuang ke Karabela itu adalah 17 tabut sakral. Sementara untuk tabut pembangunan, telong-telong dan ikan-ikan kembali dibawa oleh pembuatnya pulang.

 “Yang kita buang itu nanti seluruh bangunan tabut sakral berjumlah 17 bangunan. Sedangkan untuk tabut pembangunan dibawa kembali oleh rombongan kelompoknya masing-masing,” pungkasnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *