KPU Tunggu Laporan Tim  Kampanye Capres/Cawapres

KPU Tunggu Laporan Tim  Kampanye Capres/Cawapres

BERBAGI
Iwan /RBO Darlinsyah, Ketua KPU Kota Bengkulu

RBO, BENGKULU – Hari ini merupakan jadwal terakhir bagi organisasi Partai Politik (Parpol) untuk melaporkan tim kampanye Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres). “Sesuai dengan ketentuan yang disebut pasangan calon tim kampanye, dimana saat ini ada dua paslon Capres dan Cawapres, maka mereka harus melaporkan tim kampanye resmi ke KPU. Paling lambat satu hari sebelum dilaksanakan masa kampanye,” ungkap anggota Divisi Sosialisasi KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah S.Pd, M.Si, Jumat (21/9).

      Dijelaskan oleh Darlin, saat ini sudah ada dua Paslon. Sebab itu diatur, selain tim kampanye resmi yang didafttarkan ke penyelenggara pemilu. Juga, untuk akun media sosial resmi juga wajib dilaporkan. “Karena kini jaman milenial, maka seluruh tim kampanye wajib dilaporkan. Dan Caleg tidak boleh membuat akun Medsos sendiri untuk Capres. Akun medsos itu harus didaftarkan lewat tim kampanye resmi. Untuk akun medsos itu maksimal 10 yang dilaporkan dan dilaporkan melalui Parpol,” jelasnya.

      Diharapkan tim kampanye maupun media sosial tim Paslon dapat dilaporkan, agar nanti akun yang menyebarkan informasi terhadap masyarakat adalah akun resmi bukan abal-abal.

       “Sehingga informasi yang mereka sampaikan adalah informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Sebab itu wajib dilaporkan. Dan kami berharap akun yang dilaporkan ini nanti dapat ikut membuat suasana pemilu kita berlangsung sejuk dan damai,” terang Darlin.

      Dan untuk tim kampanye yang disampaikan ke KPU, maka melalui Parpol, kalau penyelenggara pemilu tidak mengenal yang istilahnya relawan. “Kita tidak mengenal relawan. Tapi yang kita tahu itu tim kampanye resmi. Dan jumlah tim kampanye ini tidak dibatasi. Kalau dalam yang disampaikan nanti sebagai tim kampanye ada relawan ya gak apa-apa. Yang jelas mereka satu kesatuan untuk satu tim pasangan calon,” pungkas Darlin. (idn)