Mahasiswa Harus Berperan Dalam Membangunan Desa

Ekonomi & Bisnis Featured Lingkungan Pertanian Politik Sosial & Budaya

RBO, BENGKULU – Kalangan mahasiswa dinilai dapat berperan dalam mewujudkan pembangunan ditingkat desa. Demikian disampaikan Direktur BUMDes Tirta Mandiri desa Ponggok Kabupaten Klaten, Joko Winarno, S.Pt saat menjadi pembicara dalam kegiatan Goes To Campus di hadapan ratusan mahasiswa Univesitas Hazairin bertemakan generasi milenial bicara desa, Senin (24/9).

“Peran yang dimaksud bisa dengan turut mempromosikan potensi yang dimiliki suatu desa, atau desa dimana kalangan mahasiswa berada. Namun langkah awal yang harus dilakukan, tentu saja mengeksplor potensi yang dimiliki masing-masing desa. Dari sana nantinya bisa diarahkan supaya dikelola menjadi BUMDes (Badan Usaha Milik Desa),” ungkap Joko.

Dengan begitu, lanjut Joko, mahasiswa sudah turut berperan dalam membangun desa. Karena saat ini pembangunan Indonesia dimulai dari tingkat desa, dan peluang ini sangat bagus. “Jadi sekarang generasi milenial sudah saatnya bicara desa. Semata-mata demi pembangunan di lingkungan desa, yang nantinya bermuara terhadap pembangunan Indonesia,” kata Joko.

Sementara itu, Selebritas Media Sosial (Medsos), Dewi Paramitha menyampaikan, salah satu cara untuk mempromosikan potensi yang dimiliki desa bisa dengan memanfaatkan Medsos, seperti insta-gram, facebook, dan medsos lainnya. “Mahasiswa inikan biasanya senang jalan-jalan, dan foto-foto. Tentu saja itu bisa dipromosikan,” ujar Mitha.

Pada bagian lain, Rektor Unihaz Bengkulu, Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si dengan kegiatan tadi, pihaknya memiliki ide terbaru dalam menambah pengetahuan para siswa. “Bisa saja nantinya mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) kita minta banyak-banyak mengambil foto potensi yang dimiliki suatu desa. Kemudian foto itu dilombakan, tapi esensi terpentingnya tetap ajang promosikan desa,” singkat Yulfiperius. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *