Radianto Star Rintis Karier Politik dari Bawah, Siap Emban Amanah Rakyat

Radianto Star Rintis Karier Politik dari Bawah, Siap Emban Amanah Rakyat

BERBAGI
Radianto Star

RBO, BENGKULU – Radianto Star merintis karir politik dari bawah, pada saat pileg 2019 ini saat yang tepat untuk mengaplikasikan ilmu yang didapaatkan. Sebagai Kader Partai Golkar yang telah malang melintang di berbagai tingkatan kepengurusan, dimulai tahun 2003 dari tingkat kabupaten, sebagai Tim Evaluasi Pandangan Fraksi, Radianto Star memulai karir politiknya di Partai Golkar Kabupaten Lampung Utara.

Lalu berdasarkan hasil Musdalub DPD Partai Golkar Kota Metro baru masuk di Pengurus Harian dengan posisi jabatan sebagai Wakil Ketua DPD Partai GOLKAR Kota Metro, Provinsi Lampung di tahun 2005.

Radianto Star adalah Putra Kemang Manis, yang dilahirkan di Peramuk-an, Tengah Padang. Sosok yang tempat kelahirannya dekat dengan Masjid Jamik yang diarsiteki oleh Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Ir. Soekarno pada September 1975.

Radianto Star adalah Putra Kedua dari Tarmizi Alex Suhid (Alm). Sang ayah adalah seorang Pensiunan PNS Pemda Provinsi Bengkulu (Bappeda Provinsi, Ketua Bappeda Kabupaten Bengkulu Utara, Sekretaris BP-7 Provinsi, Irban di Inspektorat Provinsi, Kepala BKPMD Provinsi dan Terakhir sebagai Widyaiswara Nasional). Sementara sang ibu, Suhartaty, kesehariannya menunaikan pekerjaan mulia sebagai Ibu Rumah Tangga.

Menempuh pendidikan dasar yang berawal di SD Sint Carolus Bengkulu. Kemudian, sempat pindah ke SD Karang Suci Argamakmur (Karena Orang Tuanya pindah tugas dan menjabat sebagai Ketua Bappada Kabupaten Bengkulu Utara), sebelum akhirnya menamatkan Sekolah Dasarnya di SD Negeri 19 Sawah Lebar Kota Bengkulu pada tahun 1988.

Selanjutnya masuk ke SMP Negeri 2 Bengkulu dan tamat pada tahun 1991. Setelah menyelesaikan Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 2 Bengkulu tahun 1994, Radianto Star melanjutkan kuliah di Universitas Islam Indonesia (UII) pada Jurusan Teknik Arsitektur yang dapat diselesaikannya dalam waktu kurang dari 4 tahun, dengan menyandang predikat Mahasiswa Berprestasi Terbaik dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia dan juga dari Universitas Islam Indonesia.

Berawal dari karir sebagai Pekerja Profesional Engineering (1999), profesi sebagai Konsultan terus dijalani, beranjak menjadi Co-Team Leader (2002) hingga menjadi Tenaga Ahli Individual pada Program Pemberdayaan Masyarakat di Depertement Dalam Negeri serta Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang hingga sekarang.

Kegiatannya keluar masuk kampung untuk mendampingi masyarakat dalam menggali akar permasalahan yang ada di setiap kelompok masyarakat dalam rangka Penataan Ruang dan Kawasan sangat dijiwainya.

Radianto Star Pernah mencoba menjadi Project Coordinator dan Magement Representative di Perusahaan Kontraktor, ternyata profesi ini tidak cocok dengan jiwa yang dimilikinya, sehingga hanya dapat dilakoni selama lebih kurang 3 tahun saja.

Hal yang menjadi hobby bagi seorang Radianto Star adalah otomotif terutama off-road dengan bergabung di komunitas Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn Chapter Jakarta) dan Owner’s 4×4, aktivis organisasi di berbagai lembaga Ormas, LSM dan Partai Politik, hingga berkebun, dikarenakan secara turun temurun kehidupan sebagai Petani selalu akrab dengan lingkungan keluarga besarnya, hingga saat ini.

Sebagai Kader Partai Golkar yang dirintisnya sejak tahun 2003, setelah dipercaya dengan posisi jabatan baik di Organisasi Badan Pendiri (Ketua PDK Kosgoro 1957 Kota Administrasi Jakarta Timur), Organisasi Sayap (Ketua Pimpinan Pusat AMPG), hingga di Partai Golkar sendiri (Wakil Sekreteris Pokja Keanggotaan DPP Partai Golkar dan juga Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu). Di tahun Politik 2018 dan 2019 ini ia mendapatkan amanah untuk mencalonkan diri menjadi anggota Legislatif DPRD Provinsi Bengkulu untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 7 meliputi Wilayah Kabupaten Seluma.

Sebagai Anggota yang patuh akan perintah Partai, selayaknya masing-masing wajib mengemban amanah dengan menjunjung tinggi prestasi, dedikasi, disiplin, loyalitas dan tidak tercela (PD2LT) sebagaimana penilaian yang dilakukan oleh Partai Golkar. Penilaian ini tentunya dalam bingkai karya kekaryaan yang merupakan garis perjuangan Partai Golkar dalam tugas legislasi, budgeting dan monitoring (Tugas Lembaga Legislatif) untuk mensejahterakan masyarakat dalam rangka memajukan Provinsi Bengkulu khususnya, agar dapat menjadi provinsi yang diperhitungkan baik di tingkat Nasional bahkan juga Internasional sesuai dengan potensi yang dimiliki. (***)