Dewan Minta Libatkan Perguruan Tinggi Dampingi BUMDes

Dewan Minta Libatkan Perguruan Tinggi Dampingi BUMDes

BERBAGI

RBO >>  KEPAHIANG >>  Wakil Ketua I DPRD Kepahiang, Andrean Defandra, SE meminta eksekutif  melibatkan perguruan tinggi dalam pembentukan dan mendampingi BUMDes di Kepahiang. Tidak hanya dalam merumuskan bidang yang akan ditekuni, namun juga untuk membantu BUMDes tumbuh dan berkembang sebagaimana yang diharapkan.

“BUMDes sebagai salah satu badan usaha yang  bisa memacu PADes diharapkan bisa berfungsi optimal. Sehingga sangat penting dilibatkan perguruan tinggi sebagai tim ahli dalam merumuskan strategi pengembangan dan penggalian potensi lokal untuk dikembangkan oleh BUMDes,” jelasnya saat ditemui radarbengkuluonline.com di ruang kerjanya kemarin.

Politisi Golkar ini menjelaskan, BUMDes harus menjadi lembaga yang dapat mandiri dan menjadi sumber pendapatan desa, sebagaimana yang dilakukan oleh Desa Ponggok di Pulau Jawa yang bisa meraup miliaran rupiah sebagai pendapatan desa dari pengelolaan BUMDes yang bergerak di sektor wisata.

“Kita ingin apa yang menjadi program pemerintah pusat untuk desa berhasil, sehingga desa di Kepahiang menjadi desa mandiri,” ulas ketua DPD Golkar Kepahiang ini.(tan)