Jadilah Pemuda Harapan Bangsa Jangan Jadi Pemuda Gangsel

Ekonomi & Bisnis Featured Kota Bengkulu Pariwisata Pendidikan Sosial & Budaya

RBO, BENGKULU – Pemerintah Provinsi bengkulu sedang menyongsong Program Visit Wonderfull Bengkulu 2020. Oleh karenanya, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan program ini dengan baik. Bengkulu sendiri memiliki banyak destinasi wisata baik wisata alam, wisata bahari, sejarah dan wisata kuliner.

Program Visit 2020 Wonderfull Bengkulu ini, salah seoarang remaja Provinsi Bengkulu membuat suatu program inovatif yang nantinya bisa menyongsong apa yang ingin diwujudkan pemerintah provinsi bengkulu.

Remaja ini bernama Choyrul Anuar (21), dia merupakan salah satu mahasiswa Universitas Bengkulu dan merupakan Duta GenRe Provinsi Bengkulu 2018.

Choyrul Anuar mengatakan program yang dimaksud adalah Floating GenRe atau “Pariwisata Berbasis GenRe”. Program ini merupakan kegiatan yang mengkombinasikan antara pariwisata dengan Subtansi GenRe (Generasi Berencana).

Program ini dilatar belakangi dengan banyaknya kasus permasalahan remaja yang ada di Provinsi Bengkulu, seperti pernikahan dini, kekerasan pada perempuan dan anak, pemerkosaan, pergaulan bebas pada remaja dan masih banyak lagi permasalahan yang terjadi dibengkulu. Floating GenRe dilakukan satu minggu satu kali yang dimulai sejak bulan maret 2018.

Choyrul mengatakan pariwisata bisa menjadi objek dalam memberikan informasi-informasi mengenai permasalahan remaja yang ada di provinsi bengkulu yang nantinya juga bisa memberikan dampak yang positif bagi remaja yang ada di provinsi bengkulu.

Kegiatan ini ditujukan di pariwisata hutan mangrove yang ada di Kelurahan Sumber Jaya yang nantinya kegiatan ini bisa masuk kesemua pariwisata yang ada di Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini memiliki 2 kegiatan unggulan yaitu, Tourguide GenRe dan Sharing Session. Tourguide GenRe merupakan kegiatan yang nantinya kita menjadi pemandu pariwisata berbasis genre yang nantinya memandu wisatawan yang datang ke wisata dengan memberikan Komunikasi, informasi, dan edukasi mengenai GenRe.

Sedangkan, Sharing Session merupakan kegiatan berbagi pengalaman dan saling menceritakan apa saja yang sering terjadi pada permasalahan remaja dan kita bersama-sama untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Langkah ini didukung penuh oleh Senator Republik Indonesia daerah Pemilihan Provinsi Bengkulu, H. Ahmad Kanedi, SH, MH. “Saya menyambut baik program ini,  Bengkulu memiliki keragaman wisata yang menarik baik wisata alam maupun wisata baharinya. Remaja-remaja bengkulu harusnya memiliki perencana-perencanaan yang berkelanjutan yang nantinya bisa membangun Provinsi bengkulu yang lebih baik lagi.” Kata Kanedi.

Selanjutnya, bapak Ahmad Kanedi mengatakan bahwa objek wisata yang ada di provinsi bengkulu harus diisi dengan beberapa kegiatan positif,  seperti yang dilakukan oleh salah seorang remaja Provinsi Bengkulu yaitu Choyrul Anuar yang memanfaatkan pariwisata sebagai objek untuk menyampaikan komunikasi, informasi, dan edukasi mengenai GenRe di Provinsi Bengkulu.

“Saya sanggat bangga dan mengapresiasi remaja-remaja yang memiliki kegiatan-kegiatan positif yang nantinya bisa membangun bengkulu menjadi yang lebih baik. Saya sangat mendukung pergerakan pemuda yang mendukung gerakan berkelanjutan yang nantinya bisa didukung semua pihak. Saya berpesan isilah dunia remaja itu dengan berencana untuk diri sendiri dan banyak orang, mempersiapkan live skill nya untuk menunjang apa yang ingin dicapai, dan berencana dengan menggunakan objek-objek yang ada seperti pariwisata dan mendukung kegiatan-kegiatan yang berencana. Jadilah pemuda harapan bangsa jangan jadi pemuda gansel atau gantung selimut,” singkat dia. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *