BPN Bengkulu Optimis 85.000 Sertifikat Itu Selesai

Featured Peristiwa

RBO >> BENGKULU >>  Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Kantor Wilayah BPN Provinsi Bengkulu menggelar rangkaian acara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang ke-58 tahun 2018 bertempat di Kantor Kanwil BPN Provinsi Bengkulu kemarin. Adapun tema yang diusung dalam peringatan Hantaru tahun ini, yakni Tanah dan Ruang untuk Keadilan dan Kemakmuran Rakyat.

Rangkaian acara  yang dilakukan diawali dengan upacara bendera yang dilanjutkan dengan bakti sosial  donor darah dan anjangsana ke Panti Asuhan dan mengadakan pekan olah raga, senam bersama, Lomba Vokal Group yang diadakan pertama kalinya dan ditutup dengan Jalan Sehat berjalan dengan sukses, lancar dan meriah.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bengkulu, Ir. Dani Ismadi menyampaikan bahwa peringatan Hantaru tahun 2018 sejalan dengan tujuan nasional dalam sertifikasi tanah dan ruang secara nasional tercatat 44% .Sedangkan yang belum terinput sangat banyak sekali. Sehingga ini menjadi tugas bagi seluruh Jajaran Kanwil BPN Provinsi Bengkulu untuk menyukseskannya dan optimis diakhir tahun untuk pencatatan sebanyak 105.000 bidang tanah dan sertifikasi 85.000 bidang tanah dapat terselesaikan untuk Provinsi Bengkulu.

RIO/RBO
Kakanwil BPN Provinsi Bengkulu foto bersama Pengurus IKAWATI Kanwil BPN Bengkulu

Selain itu,  Reformasi Agraria yang dicanangkan di Provinsi Bengkulu diawali dengan pelatihan Tim yang melibatkan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara dan Serikat Tani yang nantinya akan menyelesaikan HGU yang tersisa dan dibatalkan, tanah telantar, kawasan hutan yang sudah dilepas oleh Kementerian Kehutanan seluas 2.000 hektar.

“ Bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu kita ada tim Reforma Agraria yang sekarang lagi pelatihan yang melibatkan AMAN dan Serikat Tani dengan tugas untuk menyelesaikan permasalahan seperti sisa HGU dan yang dibatalkan, tanah telantar dan 2.000 kawasan hutan yang dilepas oleh Kementerian Kehutanan. Adapun hutan yang diizinkan yakni yang ada perkampungan sudah lama, tanah pertanian selama 20 tahun turun temurun berdasarkan peta indikatif dari Kementerian Kehutanan. ”

Acara jalan sehat ini  merupakan acara keluarga besar BPN Provinsi Bengkulu dimana hadiah-hadiah yang disediakan merupakan partisipasi dari seluruh Kantor Pertanahan se-Provinsi Bengkulu. Acara ini untuk refreshing bersama dari rutinitas yang padat, sehingga dapat menghilangkan kejenuhan. Untuk tahun ini sangat meriah dengan begitu antusiasnya   keluarga besar BPN Provinsi Bengkulu. Dengan peringatan Hantaru tahun ini seluruh jajaran Kanwil BPN Provinsi Bengkulu bekerja untuk masyarakat Bengkulu, dimana target PTSL, Reforma Agraria didukung dalam pengerjaannya dan harapannya dapat tercapai sesuai yang ditargetkan dari pusat,” sampai Kakanwil.

Tak lupa juga, korban gempa Palu dan Donggala, Jajaran Kanwil BPN Provinsi Bengkulu mengumpulkan sumbangan dan total dana yang terkumpul sebanyak 20 juta dan akan dikirimkan sebagai simpati dan bentuk kepedulian. (Rio/Ae-4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *