Musim Penghujan, Desa di Seluma Kena Banjir Lagi

Musim Penghujan, Desa di Seluma Kena Banjir Lagi

BERBAGI
WAWAN/RBO Banjir kembali merendam sejumlah rumah warga di Kabupaten Seluma. Nampak salah seorang warga sedang menerobos banjir

RBO >> SELUMA >>  Musim hujan yang mengguyur Bumi Serasan Seijoan sejak beberapa hari ini, membuat sejumlah desa di Kabupaten Seluma terendam banjir. Selain curah hujan yang tinggi, banjir kiriman membuat ketinggian air bervariasi dari 30 centimeter bahkan ada yang mencapai 50 centimeter.

Beberapa desa yang rutin dilanda banjir yakni desa di kecamatan Ilir Talo, Talo Kecil, Semidang Alas Maras dan Semidang Alas.

“Banjir sudah sering terjadi. Bahkan hampir setiap tahun, terutama di musim penghujan,” kata Zekman, Sekdes Muara Maras Kecamatan Semidang Alas Maras saat dihubungi radarbengkuluonline.com Minggu (13/10).

Dari pantauan di lapangan, kondisi genangan air terluas berada di Desa Taba, Napalan, Sukamerindu, Tebat Siabun Kecamatan Talo Kecil, Desa Rawa Indah, Penago 1, Nanti Agung Kecamatan Ilir Talo,  Desa Muara Maras, Padang Bakung Kecamatan Semidang Alas Maras, dan Desa Jambat Akar dan sejumlah Desa di Kecamatan Semidang Alas Maras. “Sejumlah warga mulai mengemasi barang berharga. Takut dengan ketinggian air meningkat, lantaran curah hujan masih tinggi beberapa hari terakhir ini dan diperkirakan masih terjadi,” kata Joherwan, warga Desa Taba Kecamatan Talo Kecil.

Tidak ada korban jiwa atau kerugian materi berskala besar untuk sementara ini. Namun jika hal ini berkepanjangan, dikhawatirkan akan berdampak luas. Selain merendam puluhan rumah warga, banjir juga telah menggenangi areal pertanian dan perkebunan milik warga. “Banjir tahunan, masyarakat berharap, pemerintah terkait mencari solusi agar bencana banjir tidak lagi terjadi setiap tahun,” harapnya.

Sementara itu, meski banjir melanda, akses lintas jalan provinsi maupun kabupaten sejauh ini masih aman dan bisa dilalui. “Jalan lintas masih bisa dilalui, belum berdampak pada putusnya transportasi,” singkat dia. (0ne)