Air PDAM Mukomuko Banyak yang Mubazir

Air PDAM Mukomuko Banyak yang Mubazir

BERBAGI
SENO/RBO Ini adalah salah satu pipa yang bocor dan perlu diperbaiki segera

Belasan Titik Pipa Bocor

RBO >>  MUKOMUKO >>  Direktur PDAM Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko, Suryadi, S.IP mengungkapkan, terdapat sekitar 15 titik kebocoran pada pipa PDAM daerah tersebut. Hal itu menyebabkan air yang seharusnya mengalir ke rumah masyarakat terbuang percuma alias mubazir.

Salah satu titik kebocoran pipa PDAM ini berada di Pasar Belakang Kelurahan Pasar Mukomuko, Kecamatan Mukomuko. Terpantau, air keluar deras sampai kejalan raya.

Kata Suryadi, untuk memperbaiki belasan kitik kebocoran pada pipa PDAM ini, pihaknya membutuhkan dana sekitar Rp 150 juta. Dana tersebut dibebankan kepada PDAM Tirta Selagan.

“Dari penelusuran kita ada sekitar 15 titik kebocoran pada pipa PDAM. Nanti akan diperbaiki. Kita akan menyediakan dana sekitar Rp 150 juta untuk memperbaiki pipa yang bocor,” demikian Suryadi saat dihubungi radarbengkuluonline.com di ruang kerjanya tadi pagi..

Disisi lain, Asisten II Setdakab Mukomuko, Drs. Novizar Eka Putra mengatakan, saat ini PDAM Tirta Selagan sedang tahap percobaan. Ia mengakui memang ada beberapa titik pipa yang mengalami kebocoran. Pipa yang mengalami kebocoran itu akan segera diperbaiki.

“Saat ini masih tahap percobaan. Fungsi percobaan itu salah satunya mengetahui hal-hal yang menjadi kendala seperti pipa bocor ini, nanti akan segera kita perbaiki. Termasuk beberapa pipa saluran kerumah yang mengalami kerusakan juga akan diperbaiki,” ujarnya. (sam)