Senator Berharap Partisipasi Mahasiswa Tinggi

Senator Berharap Partisipasi Mahasiswa Tinggi

BERBAGI
Iwan/RBO: Riri Damayanti John Latief S.Psi

Riri Damayanti : Permudah Proses Pindah Milih

RBO, BENGKULU – Senator Bengkulu anggota Komite I DPD RI, Hj. Riri Damayanti John Latief S.Psi berharap dalam pemilu serentak tahun 2019, baik Pileg maupun Pilpres, partisipasi para pelajar mahasiswa tinggi, meskipun pada saat pemilu diselenggarakan nanti posisi mahasiswa atau pelajar tersebut sedang menempuh pendidikan di luar daerahnya. “Kalau saya berharap, meskipun dengan berbagai kendala, partisipasi mahasiswa pelajar pada umumnya tinggi,” ungkap Riri Damayanti pada radarbengkuluonline.com, kemarin (18/10).

      Sejauh ini, lanjut Riri, pada dasarnya hak pilih itu sudah diberikan pada seluruh masyarakat. Baik itu masuk kategori pemilih pemula atau bukan. Dimanapun mahasiswa berada, dia tetap terdaftar dalam DPT di TPS sesuai domisilinya masing-masing. Kalau diluar negeri sudah ada program dari KPU RI bersama pemerintah supaya tidak repot pulang. “Tapi kalau keluar kota atau provinsi itu memang agak sedikit repot. Untuk mengantisipasi mahasiswa atau pelajar yang sedang menempuh pendidikan di luar daerahnya, KPU sudah menyiapkan form A5 sebagai syarat pindah lokasi TPS untuk memilih nanti. Dengan adanya A5 itu kembali lagi pada kesadaran mahasiswa tersebut. Kalau saya juga berharap hendaknya mahasiswa punya kesadaran dan mau pulang mengurus surat A5. Tapi balik lagi, kita paham kondisi para pelajar dan mahasiswa. Ya mungkin ongkos sekadar bolak-balik untuk mengurus pindah memilih itu jadi kendala. Dan mungkin ada kebijakan dari KPU bersama pemerintah mempermudah proses mahasiswa tersebut untuk mengurus A5, itu mungkin jalan keluar yang baik. Dan itu bisa dilaksanakan secara kolektif. Misalnya di Padang ada satu kelompok mahasiswa Bengkulu, itu mereka bisa dipermudah proses pengurusan A5 nya secara kolektif,” papar Riri.

      Selain itu, dengan masih banyaknya potensi kendala seperti mahasiswa terancam tidak bisa memberikan suara karena sedang menempuh pendidikan, kemudian kendala lainnya, Riri yang merupakan anggota Komite I DPD RI dan itu merupakan bidangnya, akan menyampaikan persoalan-persoalan atau kendala yang ada terhadap pemerintah pusat. “Nanti aspirasi, masukan dan kendala yang ada di daerah akan kita susun dan saya sampaikan terhadap pemerintah pusat. Dimana masukan itu nanti bisa menjadi evaluasi untuk pemilu kita menjadi lebih baik lagi kedepannya,” pungkasnya.

      Sebelumnya dari anggota Divisi Informasi dan data KPU Provinsi Bengkulu, Siti Baroroh M.Si menyampaikan bahwa untuk mahasiswa dapat memilih dilokasi sekolah atau kampusnya yang terdekat dengan domisilinya saat menempuh pendidikan. “Jadi cek data diri apakah sudah masuk dalam DPT atau belum? Kalau sudah masuk, maka bisa mengurus surat pindah memilih ke lokasi TPS terdekat,” pungkas Siti. (idn)