Bakal Ada Dana Kelurahan, Forum RTRW Usul Kenaikan BOP

Featured Kota Bengkulu Peristiwa

Ketua DPRD Setuju, Tapi Dibahas Dulu

RBO >> BENGKULU >>  Tahun depan rencananya bakal ada dana kelurahan untuk setiap kelurahan sama dengan alokasi dana desa yang telah bergulir selama ini. Sebab itu dengan adanya dana kelurahan itu nantinya, Forum Komunikasi (FK) RTRW Kota Bengkulu menilai wajar jika Bantuan Operasional (BOP) untuk para perangkat RT dan RW dinaikkan.

“Kalau sekarang, BOP kita Rp 500 ribu perbulan. Dan dalam pembahasan APBD Tahun 2019, kami telah mengusulkan untuk kenaikan BOP tersebut minimal menjadi Rp 1 juta perbulannya,” ungkap Sekretaris Forum RTRW Kota Bengkulu Zulfikar Satar S.Pt kepada radarbengkuluonline.com Rabu (24/10).

Dijelaskan oleh Sekretaris Forum RTRW tersebut, usulan kenaikan BOP dinilai tidak akan begitu memberatkan APBD Kota Bengkulu.

“Kalau dari sisi anggaran, rasanya tidak akan begitu memberatkan untuk menaikkan BOP tersebut. Apalagi tahun depan bakal ada dana kelurahan. Sehingga untuk dana kelurahan nanti bisa dapat bantuan sharing dana dari APBN,” jelasnya.
Menanggapi usulan Forum RTRW tersebut, Ketua Lembaga DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi menegaskan, pihaknya setuju saja dengan usulan tersebut. Namun untuk memastikan kenaikannya perlu dilakukan pembahasan kembali oleh Banggar bersama TAPD.

“Saat ini, kita memang mulai membahas untuk APBD tahun 2019. Atas usulan Forum RTRW tersebut, silakan saja mereka sampaikan dan akan kita bahas bersama nanti. Jika memang pagu anggaran kita masih ada, tentu kami akan menyetujui kenaikan BOP tersebut. Sebab kami juga mengerti dan paham bahwa BOP tersebut sudah selayaknya diberikan mengingat kerja sebagai perangkat RTRW itu cukup berat,” kata Baidari.

Sebelumnya dari senator Bengkulu H. Ahmad Kanedi SH, MH dia menyampaikan perihal bakal adanya dana kelurahan dalam APBN tahun 2019. Dia mengakui hal tersebut dan kemungkinan besar memang akan terealisasi.

“Kami, saya termasuk orang yang ikut mengusulkan dana kelurahan tersebut. Nanti dana kelurahan ini hampir sama dengan dana desa. Dimana peruntukkannya untuk membangun daerah dimulai dari tingkat kelurahan,” tambah Bang Ken panggilan akrabnya. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *