5 Bulan Honorer Sekretariat Dewan Tak Gajian

5 Bulan Honorer Sekretariat Dewan Tak Gajian

BERBAGI
IST/RBO: Gedung DPRD Seluma

Akhir Tahun Terancam Dibuang

RBO, SELUMA– Ratusan tenaga honorer yang mengabdi di Sekretariat DPRD Seluma terpaksa gigit jari. Hal ini lantaran sejak sekitar 5 bulan terakhir tak lagi gajian.

“Terhitung sudah lima bulan ini tak lagi gajian. Pihak atasan menginstruksikan, seluruh tunggakan honor itu baru akan dilunasi diakhir tahun,” ujar salah seorang petugas honorer Sekretariat DPRD Seluma yang enggan disebutkan identitasnya saat ditanya radarbengkuluonline.com Rabu (7/11).

Dengan kondisi lamanya tenggang waktu gajian, membuat sejumlah honorer lesu dan kurang bersemangat masuk kerja.
“Sudah banyak yang mengeluh, tapi takut dengan atasan,” kata dia.

Sementara itu, ,enurut Ketua LSM Perisai Rakyat Seluma, Pirasuki AZ mengaku prihatin dengan kondisi itu. Selain dibawah tekanan, ancaman akan dirumahkan juga menunggu menjelang akhir tahun.

“Ada sekitar 87 orang yang tak gajian selama 5 bulan. Sisanya banyak fiktif dan titipan. Mirisnya ancaman akhir tahun dibuang juga berhembus,” ujarnya.

Menurutnya, seharusnya kewajiban pembayaran honor setiap satu bulan sekali atau paling lambat 3 bulan sekali dengan besaran honor hanya Rp 1 juta perbulan.

“Mereka mengaku ditekan untuk menandatangani surat pernyataan untuk sanggup tidak menuntut gaji, jika dikemudian hari anggaran tak mencukupi. Jika hal ini terjadi, kami akan mendampingi dan mengawasi masalah ini,” katanya. (0ne)