Raih Juara Robotik, Anak Madrasah Banggakan Bengkulu

Raih Juara Robotik, Anak Madrasah Banggakan Bengkulu

BERBAGI
Rio?RBO Kakanwil dan para pejabat Kemenag Provinsi Bengkulu foto bersama juara Robotik Competition dari MAN 1 Kota Bengkulu

RBO >>  BENGKULU  –  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Model Kota Bengkulu meraih juara 2 Tingkat Nasional Madrasah Robotik Competition yang diadakan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI di Depok Town Square kemarin (3-4 November).

Gelaran keempat kalinya ajang kompetisi robot tingkat Madrasah ini semenjak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 mengusung tema Robot Rescue, Robot Mitigasi Bencana.

Kepala MAN 1 Kota Bengkulu, Drs. H.Tamrin, M.Pd menyampaikan bahwa tema yang ditetapkan oleh pusat, robot-robot yang dilombakan harus memiliki kemampuan dalam melakukan penanggulangan bencana alam.

Kompetisi Robotik Madrasah ini, lanjutnya, terdiri atas dua kategori. Yakni Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana yang dibagi dalam tiga jenjang. Yakni MI, MTs, dan MA serta kategori Rescue Robot Mobile yang dilombakan untuk jenjang MTs dan MA.

“Alhamdulillah berkat kerja keras para siswa serta pendamping, Tim robotik MAN 1 Model Bengkulu mampu meraih juara 2 The Best Technology Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana dan berhak mendapatkan uang pembinaan Rp 4.000.000,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Bengkulu, Drs.H.Bustasar, MS.,M.Pd sesaat sebelum memberikan penghargaan kepada para siswa peraih juara di halaman Kanwil Kemenag Bengkulu. Bustasar mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Tim Robotik MAN 1 Model Bengkulu dan hendaknya prestasi itu dapat terus dikembangkan, sehingga mengangkat citra positif Madrasah dimata masyarakat Bengkulu pastinya.

“Kalian adalah generasi bangsa terbaik. Jangan mudah menyerah dan teruslah berinovasi untuk negeri ini,” tutur kanwil. (ae4)