HPN, Momen Peningkatan Kapasitas Wartawan

HPN, Momen Peningkatan Kapasitas Wartawan

BERBAGI
SENO/RBO: Rapat koordinasi persiapan peringatan HPN 2019 Tingkat Prov Bengkulu di Kab Mumomuko

RBO, MUKOMUKO – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu bersama pengurus PWI Kabupaten Mukomuko melakukan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Bengkulu yang akan dilaksanakan di Mukomuko 2019 mendatang Jumat (9/11) di Sekretariat PWI Mukomuko Desa Ujung Padang Kota Mukomuko.

Rapat ini menindak lanjuti SK PWI Prov Bengkulu beberapa waktu lalu tentang penunjukan Kabupaten Mukomuko sebagai tuan rumah perayaan HPN 2019 mendatang.

Plt Ketua PWI Prov Bengkulu, Sahyarudin dalam pengarahannya mengatakan, peringatan HPN ini agar dimanfaatkan sebagai momen peningkatan kapasitas wartawan, khususnya wartawan di Kabupaten Mukomuko.

Ia berharap, rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam peringatan HPN nanti bermuatan pendidikan atau pelatihan terhadap insan pers.

“Tidak hanya meningkatkan kapasitas wartawannya, kalangan yang kerap bersentuhan dengan aktifitas jurnalis juga harus diberikan pendidikan terkait hak maupun kewajiban mereka dari aktifitas jurnalistik ini,” ujarnya.

“Ada peran Negara dalam meningkatkan kapasitas wartawan. Melalui Pemkab Mukomuko inilah Negara hadir. Diharapkan kegiatan HPN ini dapat didukung Pemkab Mukomuko,” tegasnya.

Arahan Plt Ketua PWI Bengkulu langsung dijawab oleh Ketua PWI Mukomuko, Amris Tanjung. Ia menegaskan, PWI Mukomuko siap melaksanakan berbagai kegiatan pada peringatan HPN 2019 mendatang. Termasuk kegiatan yang bersifat mencerdaskan para wartawan.

Lebih dari itu, ia juga berharap momen HPN yang akan dilaksanakan di Kapuang Satu Ratau Batuah ini juga dapat berimbas positif bagi daerah ini. Katanya, “Tim Delapan” persiapan HPN di Mukomuko telah merancang beberapa kegiatan diantaranya gelar budaya.

“Target kita untuk gelar budaya ini pemecahan Rekor MURI Tari Gandai dengan peserta terbanyak. Yakni diatas 1.000 orang,” ungkapnya.

Katanya, tujuan dari kegiatan tersebut tidak lain untuk mengenalkan serta mengangkat Tari Gandai Mukomuko yang baru saja di tetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kemendikbud RI ke kancah nasional, bahkan dunia.

Ia berharap kegiatan ini mendapat dukungan dari masyarakat. Khususnya yang melibatkan massa. Selain itu, ia juga berharap peringatan HPN tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2019 ini juga didukung oleh Pemkab Mukomuko.

“Ada beberapa kegiatan lain yang melibatkan massa. Seperti perlombaan, pesta rakyat dan sosialisasi Undang-Undang Pers,” pungkas Amris. (sam)