Seberang Tunggal Bangun Balai Pelatihan dan Kuatkan SDM Desa

Seberang Tunggal Bangun Balai Pelatihan dan Kuatkan SDM Desa

BERBAGI
BERLIAN/RBO Kades Seberang Tunggal, Andi Prianto

RBO >>  ARGA MAKMUR >>  Dibawah kepemimpinan Kadesnya Anton Priyanto, Pemdes Seberang Tunggal bersama jajaran Pemdes, BPD, tokoh masyarakat dan warganya terus meningkatkan pembangunan sarana prasarana desa dan infrastruktur di Sadei uyo.

Dikatakan Kades Anton Priyanto, untuk realisasi APBDes Tahap I dan II Desa mereka telah dirampungkan pekerjaannya dan telah pula dirasakan manfaatnya oleh warga setempat.

BERLIAN/RBO
Pembangunan Jalan Rabat Beton sepanjang 250 meter realisasi APBDes Tahap II tuntas dibangun dengan ukuran panjang, lebar dan ketebalan sesuai volume dan aturan

Untuk tahap I realisasi APBDes Seberang Tunggal dimanfaatkan untuk membangun Gedung Posyandu desa. Dengan adanya gedung ini, warga dapat melaksanaka kegiatan Posyandu secara rutin di gedung yang lebih refesentatif ini.

Dipaparkan Anton lebih lanjut, pada tahap II APBDes, digunakan untuk membangun jalan lingkungan desa berupa jalan rabat beton yang sangat dibutuhkan warga dalam menuju akses ke lokasi pertanian dan perkebunan mereka.

”Ada sepanjang 250 M X 3,50 meter jalan rabat beton yang telah usai kita bangun dengan memanfaatkan warga kita sendiri sebagai tenaga kerja dengan Pola padat karya tunai atau PKT,”jelasnya.

Sedangkan untuk realisasi APBDes Tahap III ini Pemdes mengalokasikan untuk pembangunan gedung Balai Pelatihan /kegiatan Belajar Masyarakat. Di samping itu berbagai kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan desa dan kelompok akan dilaksanakan lewat kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

”Kegiatan ini meliputi Penyuluhan bagi Pengurus BUMDes,Diklat dan Penyuluhan Bagi Kades dan Perangkat Desa dan BPD. Pelatihan Siskeudes, Pemberdayaan Linmas,pemberdayaan PKK,PAUD,kerukunan Umat Beragama, Teknologi Tepat Guna,kelembagaan Adat serta pemberdayaan Masyarakat Desa dan lainnya,”ujar Andi Prianto.(bri)