“100 Musisi Bengkulu” Hadir Jaga Nilai Seni Musik Daerah

Featured Pemda Provinsi Sosial & Budaya

Rohidin: Kedepan 100 Musisi Bengkulu Promosikan Daerah

RBO, BENGKULU – Dalam perayaan Festival Pesisir Pantai Panjang tahun 2018 ini, berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya acara tersebut akan diikuti oleh 100 pelaku seni yang ada di Bengkulu. Bahkan nantinya, para musisi akan memainkan ratusan alat musik modern hingga tradisional Bengkulu yakni Dol.
Disampaikan oleh Anggota Pelaksana Kegiatan 100 Musisi Bengkulu, Irwan Effendi, SE diharapkan dengan adanya pemersatu pelaku seni yang ada dapat mendukung momentum woderfull 2020 mendatang. Selain itu, Irwan berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan ide kreatif bersama seluruh 100 musisi bengkulu.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung momentum wonderfull 2020 mendatang. Ditahun ini kita akan mendukung pelaksanaan festival pesisir Pantai Panjang Bengkulu pada tanggal 16 November mendatang,” terang Iwan Bogges Sapaan Akrab.

Menariknya, para musisi lokal akan bernyanyi bersama dengan Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Dr drh H Rohidin Mersyah MMA diringi lagu daerah Sekundang Setungguan. Setelah itu, para musisi lokal ini akan bernyanyi lagu Bumi Raflesia dengan aransemen berbeda. Tentunya dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengenalkan potensi seni musik terhadap masyarakat luar Bengkulu.

“Menariknya, Plt Gubernur akan bernyanyi bersama musisi lokal dengan lagu sekundang setungguan. Selain itu para musisi akan membawa lagu budaya bumi rafflesia, pastinya kami akan menyiapkan hiburan para pengunjung yang dibungkus dengan khas seni lokal,” tambahnya.

Sementara itu, kemarin sore kemarin Plt Gubernur Bengkulu Dr drh H Rohidin Mersyah ikut menghadiri latihan 100 musisi Bengkulu. Dengan adanya 100 Musisi Bengkulu diharapkan dapat menjaga seni musik lokal. Rohidin pun merasa terharu, dikarenakan selama ini potensi musik seni di Bengkulu dinilai berprestasi. Terlebih lagi para 100 musisi Bengkulu membawakan dua lagu daerah dengan kompak, hal ini menandai walaupun banyak keberagaman tapi masyarakat Provinsi Bengkulu memiliki rasa kebersamaan.

“Saya sangat terharu dikarenakan antusias para musisi Bengkulu ini besar sekali. Apalagi membawakan lagu daerah ini dikemas dengan menarik. Pastinya akan sangat dapat mempromosikan daerah kita,” terangnya. Kedepan Rohidin berharap agar komunitas seni musik lokal tidak berhenti setelah festival Pesisir Pantai Panjang Bengkulu nanti. Namun terus dapat berkarya, seperti nantinya dapat bermain dengan lagu daerah dipojok wisata Bengkulu.

“Saya rasa jangan terputus setelah kegiatan festival pesisir pantai panjang. Namun harus ada keberlanjutan, mungkin nanti para musisi ini dapat aktif dengan bermain di pojok wisata daerah. Tiap ada event daerah nantinya para musisi ini dapat mengisi kegiatan tersebut. Atau berkerjasama dengan perhotelan dengan membawa lagu daerah saya rasa ini sangat meningkatkan nilai seni musik daerah kita,” demikian Rohidin.(bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *