/20 Madrasah Swasta Bersaing di Porseni

20 Madrasah Swasta Bersaing di Porseni

RBO, MUKOMUKO – Sebanyak 20 Madrasah swasta tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah se-Kabupaten Mukomuko mengikuti Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang diselenggarakan Forum Silaturahmi Madrasah Swasta daerah ini.

Kegiatan ini dilaksanakan di Yayasan Hidayatul Mubtadiin Mukomuko ( MIS Hidayatul Mubtadiin ) beralamat di Desa Marga Mukti Kecamatan Penarik. Dimulai Rabu malam (12/12) hingga Kamis sore (13/12).

Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, SH hadir langsung untuk membuka kegiatan ini. Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mukomuko, Drs. H. Ajamalus, MH.

Dikonfirmasi, Ketua pelaksana kegiatan tersebut, Marjoni mengatakan, Porseni ke-5 ini melombakan beberapa cabang diantaranya pertandingan Futsal untuk jenjang MI, MTs dan MA. Kemudian Volly Ball untuk MTs dan MA, Sepak Takraw Jenjang MTs, Pidato Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia jenjang MTs dan MI. Selanjutnya Paduan Suara Jenjang MI, kemudian MTQ untuk jenjang MTs dan MI, serta Lomba Rebana untuk Jenjang MTs.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, pelajar atau santri dari Madrasah berpotensi untuk berprestasi, baik dalam bidang keilmuan sains, seni maupun olahraga.
Katanya, kegiatan seperti Porseni ini menjadi ajang menempah pelajar madrasah untuk menuju prestasi yang lebih tinggi.

“Sudah banyak bukti pelajar Aliyah menang kopetisi robotik dan banyak lagi contoh prestasi yang sudah ditorehkan santri atau pelajar madrasah,” ujarnya.

Ia mengapresiasi kegiatan ini bisa terselenggara. Menurutnya, ini akan menjadi wadah silaturahmi antar madrasah swasta di daerah ini. Dan kegiatan ini juga akan menjadi penguat bagi madrasah-madrasah swasta di Kabupaten Mukomuko.

“Saya ucapkan selamat bertanding dan jaga sportifitas. Tunjukan madrasah mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain,” demikian Bupati. (sam)