Cuaca Ekstrem, Waspadai Banjir dan Longsor

Featured Kota Bengkulu Lingkungan Peristiwa

BMKG : Curah Hujan Tinggi

RBO, BENGKULU – Prakiraan cuaca saat ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengkonfirmasi, kondisi cuaca saat ini masuk kategori ekstrem dan rawan terjadi musibah bencana alam. Seperti banjir, longsor.

“Memang dalam periode Bulan Desember ini, bahkan sampai April 2019 nanti, itu bisa dikatakan intensitas hujannya tinggi sampai sedang. Hal itu diakibatkan oleh suhu permukaan air laut menghangat. Dalam siklusnya memang bulan-bulan Desember, Januari, Februari dan Maret memang musim hujan sedang sampai lebat. Jumlah hujannya perbulannya berkisar 200 sampai 300 milimeter. Sebab itu, bagi warga masyarakat Bengkulu waspada dengan adanya curah hujan yang cukup tinggi dalam bulan ini. Sebab, bisa mengakibatkan terjadinya banjir dan longsor,” ungkap Kasi Informasi dan Observasi BMKG Bengkulu, Sudianto SP, kepada radarbengkuluonline.com, Kamis (13/12).

Pada bulan Desember ini, lanjut Sudianto mengingatkan, sangat perlu diwaspadai banjir. Seperti yang terjadi di Kota Bengkulu. Akibat hujan deras dari sore hingga tadi malam (Rabu-red) banyak daerah rendah yang terendam banjir. “Kemudian untuk daerah yang tinggi, perbukitan dan gunung seperti Kabupaten Benteng dan Kepahiang, akibat curah hujan yang tinggi, mereka sebaiknya waspadai longsor,” terangnya.

Adapun dari 10 kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu lanjutnya, merata mengalami musim yang sama.

“Merata, mulai dari Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Kota Bengkulu, Lebong, Rejang Lebong dan Kepahiang. Itu perlu diantisipasi intensitas hujannya tinggi 200 sampai 300 milimeter. Bahkan bisa sampai lebih jumlah curah hujannya. Sekali lagi kami imbau masyarakat untuk waspada. Hati-hati saat berkendaraan, khususnya roda dua ketika keluar rumah. Sebab, hujan bisa datang kapan saja. Dan dari analisa kami, kalau untuk Kota Bengkulu hujannya akan turun saat sore hingga malam hari. Perhatikan drainase. Jangan sampai menyumbat dan daerah serapan air lainnya perlu dipersiapkan,” jelas dia.

Sebelumnya dari pantauan, akibat hujan sore hingga malam, Kota Bengkulu banyak daerah yang terendam Banjir. Seperti Kelurahan Sukamerindu, Tanjung Agung, Semarang, Tanjung Jaya, Cempaka Permai, Kebun Tebeng, Bentiring dan Sawah Lebar. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *