Tembok Pelapis Tebing Pembatas Balai Kota Longsor

Featured Kota Bengkulu Lingkungan

RBO, BENGKULU – Hujan deras sekitar 4 jam yang mengguyur kota Bengkulu kemarin, mengakibatkan beberapa Kelurahan dan sejumlah wilayah kini terkepung banjir.

Hujan deras ini mengguyur Kota Bengkulu Selasa sekitar pukul 18.00 WIB hingga Kamis Malam. Hujan yang sudah membuat sejumlah rumah penduduk serta jalan poros tergenang air itu telah membuat repot warga.

Ada beberapa kelurahan sekarang sudah digenangi air. Diantaranya Kelurahan Sawah Lebar Baru, Sukamerindu, Tanjung Agung, Tanjung Jaya, Rawamakmur, Cempaka Permai sudah digenangi air setinggi lutut orang dewasa.

Dari pantauan jurnalis radarbengkuluonline.com di Kelurahan Sawah Lebar Baru, RT 04 tepatnya di Balai Kota, pelapis tebing belakang rumah Dinas Walikota Bengkulu Helmi Hasan longsor.

Tanah yang longsor tersebut memang sedikit agak terjal. Alhamdulillah tanah yang longsor tersebut tidak mengenai rumah warga yang ada di belakang Balai Kota tersebut.

Dan Untuk Kelurahan Sawah Lebar Baru, tepatnya di RT 04 Kecamatan Ratu Agung sendiri, ada sekitar 10 rumah warga yang juga tergenang air.

Arlis Susanto selaku Ketua RT 04 mengatakan, ‘’Memang daerah kami ini selalu banjir apabila hujan turun. Dan terkadang tidak hujan juga daerah kami ini banjir dikarenakan air pasang. Jadi, air yang ada di sungai apabila pasang ia mengalir dan meluap melalui siring yang ada di samping ini.’’

Dikarenakan siring ini sudah dangkal, maka air siring pun meluap memasuki ke rumah – rumah warga tersebut.

“Saya selaku Ketua RT 04 Kelurahan Sawah Lebar Baru, Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu memohon kepada Pemerintah terkait agar siring kami ini dikeruk lagi dan di perdalam kembali agar apabila hujan turun dan air pasang tidak mengakibatkan banjir lagi atau bisa memperlambat terjadinya banjir, ” ungkap Ketua RT 04 Kelurahan Sawah Lebar Baru.

Sedangkan dikawasan lainnya yang sering jadi langganan banjir hingga saat ini masih mengungsi ketempat yang tinggi.(ae3/rsm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *