iainbengkulu

Upayakan Peningkatan Kualitas Perpustakaan, 3 Pustakawan IAIN Bengkulu Ikuti Training di Perpustakaan Universiti Sains Malaysia

Featured Pendidikan

RBO,BENGKULU – Seiring dengan berkembangnya zaman kearah Era Digital, tuntutan akan akses pengetahuan pun termasuk perpustakaan secara perlahan namun pasti juga akan mengikuti perkembangan yang ada. Oleh sebab itu, pada 3 hingga 9 Desember 2018, pusat perpustakaan IAIN Bengkulu melaksanakan program short staff internship dan training mengenai management dan public service di Hamzah Sendut Library, Universiti Sains Malaysia. Pada kesempatan ini, pusat perpustakaan IAIN Bengkulu mengirimkan 3 orang yaitu Ahmad Irfan (Kepala Pusat Perpustakaan), Sutriono dan Syahril (pustakawan) untuk belajar di perpustakaan Universiti Sains Malaysia selama beberapa hari.

Berdasarkan kegiatan yang telah dijalani tersebut, Ahmad Irfan selaku kepala perpustakaan IAIN Bengkulu mengatakan bahwa paradigma yang ada masyarakat selama ini adalah perpustakaan selalu identik dengan suatu tempat sepi sunyi yang terdapat tumpukan buku, namun di program ini delegasi IAIN Bengkulu diajak mengelilingi setiap sudut perpustakaan di Universiti Sains Malaysia dan diperlihatkan model pelayanan serta desain dan konsep perpustakaan yang menyenangkan namun sesuai dengan tuntutan era digital.

“Semua ilmu yang kami dapatkan pastinya akan segera kami terapkan di perpustakaan IAIN Bengkulu, dan kami juga bersyukur bahwa antara perpustakaan IAIN Bengkulu dan perstakaan Universiti Sains Malaysia dapat berkolaborasi kedepannya dalam beberapa program terkait pengembangan dan peningkatan pelayanan di perpustakaan”, ujarnya.

Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Dr.H. Sirajuddin, M.M.Ag,MH juga menyempatkan diri untuk mengikuti program ini selama 1 hari. Beliau mengatakan program seperti ini dinilai sangat penting untuk peningkatan standar pelayanan dan pengoptimalan fungsi perpustakaan sebagai penopang utama sebuah perguruan tinggi.

“Alhamdulillah kita disambut dengan sangat baik oleh pihak pimpinan dan staf perpustakaan Hamzah Sendut Universiti Sains Malaysia dan kita banyak belajar berbagai dari dari mereka. Insya Allah kerjasama ini akan terus berlanjut kedepannya dan pastinya mewakili pihak pimpinan IAIN Bengkulu, saya mengapresiasi langkah- langkah yang telah dibuat oleh pihak perputakaan IAIN Bengkulu demi kemajuan kita bersama”, ungkap rektor.

Program short staff internship dan training mengenai management dan public service di Hamzah Sendut Library, Universiti Sains Malaysia ini terselenggara berkat komunikasi yang baik antara pengelola kerjasama luar negeri (IRO) IAIN Bengkulu dan International Mobility and Collaboration Centre (IMCC) USM sebagai fasilitator. Pada awal program, delegasi Perpustakaan IAIN Bengkulu disambut langsung oleh Naib Canselor (Rektor) dan pimpinan dari lingkungan perpustakaan Universiti Sains Malaysia. Selain program yang dilaksanakan di Universiti Sains Malaysia, para peserta training juga berkesempatan mengunjungi perpustakaan di Kolej Islam Tinggi Antar Bangsa (KITAB) Pulau Pinang, Malaysia.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *