Yayasan Seluma Amanah Resmi Terbentuk di Jakarta

Yayasan Seluma Amanah Resmi Terbentuk di Jakarta

BERBAGI
IST/RBO: Pelantikan Pengurus Yayasan Seluma Amanah

RBO, JAKARTA – Giat bidang sosial semakin gencar dilakukan masyarakat asal Kabupaten Seluma di perantauan khususnya di Jabodetabek. Ikatan Keluarga Seluma atau IKS Jabodetabek yang terus eksis dalam aksi sosialnya, Minggu (16/12) Yayasan Seluma Amanah resmi terbentuk.

Ketua Yayasan Seluma Amanah, Kolonel. Buyung Nazeli mengatakan, terbentuknya Yayasan ini merupakan hasil rembuk pengurus dan anggota IKS Jabodetabek. Termasuk para pengurus Yayasan yang merupakan para anggota yang tergabung di dalam IKS Jabodetabek.
“Yayasan Seluma Amanah fokus bergerakan di bidang keagamaan dan pendidikan bagi masyarakat Seluma di daerah asal dan perantauan serta umumnya bagi Masyarakat Provinsi Bengkulu,” ujar Buyung yang juga merupakan Perwira TNI aktif ini disela acara peresmian Yayasan Seluma Amanah, di Kampoeng Bangka, Jakarta Selatan.

Buyung menjelaskan, dalam program jangka pendek akan menginventarisir masjid-masjid yang perlu dibantu di Kab Seluma yang akan menjadi binaan Yayasan Seluma Amanah, untuk itu kepada masyarakat dapat memberikan informasi berupa gambar dan peta situasi tempat masjid tersebut berada, dapat menghubungi nomor handphone 081381658879 atau no HP Nurman Bahrun 081319030553 dan no hp pak Zaidin Zainal 08129067017, program ini antara lain kebutuhan untuk peningkatan sarana masjid, dan peningkatan pengetahuan agama Islam dengan pembinaan para dai.
“Kita akan mengindentifikasi Masjid yang butuh direhap. Termasuk menggalang donatur,” kata Buyung.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Yayasan Seluma Bersatu, Irjen. Pol. Purn. Sudirman Ail dalam sambutan mengatakan sebuah Yayasan hakikatnya adalah pengabdian di bidang sosial. Disisi lain, Yayasan juga dapat melakukan upaya bisnis, menggalang bantuan dari berbagai perusahaan yang kemudian hasilnya nanti digunakan untuk bidang sosial.

Sudirman Ail mencontohkan pembangunan Masjid Baitul Ikhwan di Padang Genting Seluma dimana dirinya sebagai penanggungjawab, selain fungsi utama tempat peribadatan, juga difungsikan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat. Pengurus Masjid telah melakukan kerja sama dengan Bulog.
“Terdapat space 4×6 di area Masjid, disana akan dijual produk Bulog dgn harga murah kepada masyarakat. Selain itu, Bulog juga akan membeli hasil pertanian masyarakat sekitar,” ujar mantan Kapolda Jawa Barat ini.

Sementara itu, Ketua IKS Jabodetabek, Brigjen Pol. Purn. Taharuddin Syafrie berharap Yayasan dapat segera berkembang sehingga bisa membantu apa yang dibutuhkan masyarakat Seluma.
“Tujuannya (Yayasan Seluma Amanah) tidak lain untuk membantu masyarakat. Semoga segera dapat berkembang,” terang Taharuddin.

Berikut susunan lengkap pengurus Yayasan Seluma Amanah:

Dewan Pembina Yayasan :
1. Sudirman Ail (Ketua)

2. Zainuri Yakub (Wakil Ketua)

3. Nasir Aksa (Sekret aris)

4. M. Zuhud (Anggota)

5. Taharudin Syafrie (Anggota)

6. Supratman (Anggota)

7. Awaludin Talo (Anggota)

8. Sukran Hambali (Anggota)

9. Rusli Yakub (Anggota)

Pengurus Yayasan :

1. Buyung Nazili (Ketua)

2. Frengky S. Suarto (Wkl. Ketua)

3. Nurman Bahrun (Sekretaris)

4. Achef Talo (Wkl. Sekretaris)

5. Zaidin Zaenal (Bendahara)

6. Desmawati (Wkl. Bendahara)

Dewan Pengawas :

1. Nurdin Djaar (Ketua)

2.Harry Azhari Aksa (Anggota)

3. Jhon Rafael (Anggota)