Baru di Zaman HD, Mobnas Walikota Antar Pengantin Nikah

Ekonomi & Bisnis Featured Kota Bengkulu Sosial & Budaya

RBO,BENGKULU – Sangat jarang terjadi, fasilitas negara seperti mobil dinas Kepala Daerah digunakan oleh warga untuk keperluan pribadi seperti melangsungkan akad nikah dan resepsi.

Tetapi, lain halnya di Kota Bengkulu, Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, SE dan Wakil Walikota, Dedy Wahyudi, SE, MM (HD) mempersilakan warganya memanfaatkan mobil dinas mereka untuk kegiatan sosial.

Putra/RBO: Mobil walikota dipakai untuk pengantin

Khususnya pada Sabtu dan Minggu dimana mobnas tidak digunakan untuk keperluan dinas. Seperti Eka Aryista Putra tidak pernah menyangka dihari bahagianya ia bisa menggunakan mobil BD 1 A.

Pria yang akrab disapa Aryis itu membuktikan bahwa kendaraan dinas milik Walikota Bengkulu Helmi Hasan benar-benar dapat digunakan dan bukan pencitraan.

Aryis, putra Bapak Iskandar dan Nila Juita yang tinggal di Jalan Merpati 5, Rawa Makmur Kota Bengkulu, Minggu (23/12/2018) melangsungkan akad nikah bersama kekasih pilihannya bernama Yesthiya Sari.

Aryis, mempelai pria beserta kedua orangtuanya diantarkan langsung oleh sopir pribadi Walikota Bengkulu menuju Masjid yang menjadi tempat dilangsungkannya akad nikah.

Ini adalah perdana mobil Dinas Walikota digunakan warganya melalui aplikasi Harapan dan Doa (HD) Oto yang baru saja dilaunching, Rabu (19/12).

“Terimakasih Bapak Walikota Helmi Hasan yang telah meminjamkan fasilitas mobil ini. Dengan adanya Program HD Oto ini kami merasa sangat terbantu,” kata Aryis.

Hal yang sama juga dikatakan orangtua Aryis, Iskandar. Ia mengharapkan, program yang dicetus Helmi Hasan ini dapat terus dipertahankan.

“Program ini sungguh sangat bermanfaat. Ini bukti nyata bahwa pemerintah hadir di tengah – tengah masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Bengkulu Helmi Hasan menjelaskan, alasan mendasar kendaraan dinasnya boleh dimanfaatkan masyarakat khususnya warga tidak mampu karena kendaraan tersebut dibeli dari uang rakyat.

“Rakyat berhak menggunakan mobil tersebut. Ke depan, semua mobnas milik pemerintah juga akan dipersilakan untuk digunakan. Misalnya, mobil dinas yang dipegang kepala dinas atau bawahannya,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Bengkulu Medy Pebriansyah menjelaskan, mobil dinas Walikota Helmi Hasan bukan kali ini saja telah digunakan warganya. Beberapa waktu lalu kendaraan dinas Walikota Helmi Hasan juga sering digunakan untuk menjemput orang sakit.

“Khusus program HD Oto ini, terdapat Ambulans gratis dan juga mobil dinas Walikota dan Wakil Walikota yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sosial masyarakat,” sampai Medy.

Medy menjelaskan, meskipun di Pulau Jawa beberapa pemerintah daerah ada yang memiliki program ambulans gratis. Namun Program ambulans gratis berbasis aplikasi yang dimiliki Pemkot Bengkulu ini adalah pertama di Sumatera.

“Beberapa hari lalu ketika Bapak Walikota berkunjung ke Makassar, surat kabar harian Fajar memberitakan ide unik Bapak Walikota Helmi Hasan ini. Bahkan saya juga mendapat informasi, beberapa pemerintah daerah khususnya di Pulau Sumatera akan mengadopsi aplikasi kita ini,” sampainya.(lay/ae3/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *