Masyarakat Bengkulu Perlu Waspadai Cuaca Ekstrem

Featured Kota Bengkulu Pemda Provinsi Peristiwa

RBO >>  BENGKULU >>  Masyarakat Bengkulu terhitung akhir tahun ini agar waspada terhadap cuaca yang ekstrem. Pasalnya, hingga Februari mendatang musim hujan masih berlangsung. Selain itu, memasuki akhir tahun Bengkulu mengalami angin kencang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Sudiyanto SP mengatakan agar masyarakat tetap waspada dan perlu berhati hati.

“Akhir Desember ini sampai  Februari mendatang cuaca Bengkulu masih hujan. Untuk gelombang laut, masih normal. Namun jika adanya angin kencang ini biasanya akan tinggi,” ujarnya.

Dalam surat edaran yang tersebar, perairan Bengkulu dan Pulau Enggano masuk dalam imbauan tersebut. Dimana angin tidak normal mencapai lebih dari 21 knot. Selain itu, tinggi gelombang laut 1,25 hingga 2,5 meter.

“Kalau gelombang laut memang ada imbauan tersebut. Karena itu perkiraan kita biasanya sudah memasuki akhir bulan, maka gelombang akan tinggi,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, peristiwa tsunami dapat terjadi terhadap masyarakat yang tinggal berdomisil dipinggiran pantai, terutama lempangan yang mempengaruhi gempa tersebut. Akan tetapi, masyarakat tak perlu panik agar tetap berhati- hati.

“Ini imbauan maksudnya begini, karena ada becana tsunami kemarin, masyarakat katakan berdomisil pinggir pantai waspadai. Sekarang kalau tidak ada masalah ya, tetap hati hati saja. Tidak perlu mandi di pantai kalau gelombangnya tinggi,” pungkasnya. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *