Barlian Konsisten Perjuangkan Kesejahteraan Petani

Daerah Ekonomi & Bisnis Featured Pemda Provinsi Politik Sosial & Budaya

RBO, BENGKULU –  “Jika seseorang itu tidak mengenal kehidupan petani dengan baik, maka bagaimana mungkin dia bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi petani, sudah saatnya mendorong petani untuk duduk di Senayan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri,”.

Kata-kata diatas sangat pantas dialamatkan kepada Sang Senator Hijau, Barlian. Sejak awal kemunculannya Barlian konsisten untuk mendorong penyelesaian permasalahan yang dihadapi oleh kalangan petani.

Sebagai anak seorang petani tentu beliau memiliki cara tersendiri untuk mendorong penyelesaian masalah yang dihadapi petani melalui kementerian terkait untuk mengambil kebijakan, apalagi  setelah mendapatkan masukan dari para petani untuk diselesaikan yang umumnya terkait dengan persoalan harga jual komoditi petani.

“Saya sudah berkunjung dan masuk lebih dari 250 Desa di Provinsi Bengkulu dan permasalahan mereka (Petani) rata-rata sama yakni permasalahan harga jual hasil komoditi yang mereka hasilkan tidak berpihak kepada para petani (harga murah),”Kata Barlian kepada jurnalis belum lama ini.

Dijelaskan Barlian,  Sebenarnya pemerintah sangat enak untuk menyelesaikan permasalahan para petani, karena para petani tidak banyak menuntut dari pemerintah, misalnya tidak minta bibit, tidak minta pupuk dan tidak minta yang lain-lain, Cuma yang diminta oleh petani adalah minta harga komoditi yang dihasilkannya itu stabil misalnya harga sawit yang stabil.

“Ditingkat petani dengan kondisi akhir-akhir ini sangat terasa menyiksa, dimana harga komoditi sangat tidak realistis untuk kalangan petani, bahkan petani tidak mendapatkan hasil dari harga jual komditi, hanya habis untuk biaya operasional dan bahkan harus berhutang,” jelas dia.

Padahal jika harga sawit stabil diangkat Rp1.200,- per kilo nya di tingkat petani saja, tentu petani sangat terbantu, dan bisa sedikit menyelesaikan masalah yang dihadapi.

“Misalnya petani untuk menyekolahkan anak tidak terlalu pusing memikirka biayanya dan sehingga para petani tidak harus berhutang, nah jika harga di kalangan petani dibawah itu, maka petani kesulitan dan bahkan akan berhutang untuk menutupi biaya produksi, apa lagi untuk menyekolahkan anaknya,” ujar dia.

Oleh karenanya komitmen dari awal sehingga masuk dalam kancah perpolitikan dan menjadi calon DPD RI dengan nomor urut 24, telah memiliki cara dan strategi untuk mendorong penyelesaian permasalahan yang dihadapi petani.

“Mengapa harus melalui jalur DPD RI untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para petenai tersebut, karena jalur ini dirasa akan mampu untuk mendorong suatu kebijakan melalui kementerian terkait untuk mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada petani, utamanya adalah soal harga  jual hasil komoditi petani,” kata dia.

Apalagi Barlian sebagai aktivis lingkungan yang tentu saja memiliki segudang trik dan cara agar para pihak (kementerian terkait) dapat mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada para petani.

“Inilah komitmen saya dari awal, bagaimana caranya agar para petani bisa hidup lebih sejahtera dengan harga jual hasil pertanian stabil, yang muaranya adalah untuk kesejahteraan para petani itu sendiri,” tutup dia. (hcr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *