Sidang Perdana Awal 2019,  DPRD Provinsi Bentuk Dua Pansus

Featured Hukum & Kriminal Pariwisata Pemda Provinsi Politik Sosial & Budaya
RBO, BENGKULU – Pembukaan sidang perdana awal tahun 2019 ini, lembaga legislatif DPRD Provinsi Bengkulu membentuk 2 Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas 2 usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Yakni tentang rencana induk pariwisata dan rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Provinsi Bengkulu. Ini terungkap dalam paripurna dengan agenda pembukaan masa sidang tahun 2019 dan jawaban Gubernur atas pandangan fraksi terhadap kedua Raperda, Senin (7/1).
Dalam paripurna yang langsung dipimpin Ketua DPRD Provinsi, Ihsan Fajri, S.Sos, MM dan dihadiri Asisten II Setdaprov, Hj. Yuliswani, MM, serta tamu undangan lainnya, Pansus Raperda tentang rencana induk pariwisata diketuai Jani Hairin dengan Sekretaris Drs. Inzani Muhammad. Sedangkan Pansus Raperda tentang zonasi wilayah pesisir dan pulau kecil diketuai Jonaidi, SP, MM dan Sekretaris, Tantawi Dali, S.Sos, MM.
“Setelah pembentukan kedua Pansus ini, barulah nanti kedua Pansus kita buat Surat Keputusan (SK). Kita berharap Pansus dapat menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya untuk membahas kedua Raperda. Tentu saja dalam pembahasannya nanti dapat dilakukan bersama pihak-pihak terkait lainnya,” ungkap Ihsan Fajri.
Sementara itu, juru bicara Pansus Raperda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil, Agung Gatam, SE, M.Si menyampaikan, Raperda yang dibahas pihaknya merupakan tindaklanjut dari keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan.
“Jadi dalam Raperda ini lebih menitikberatkan zonasi daerah tangkap ikan, yang berpengaruh terhadap kesejahteraan para nelayan,” ujarnya.
Sebelumnya, Sekretaris Pansus Raperda Rencana Induk Pariwisata, Drs. Inzani Muhammad menyampaikan, dalam Raperda ini pihaknya nanti lebih menitik beratkan pariwisata apa saja yang harus difokuskan pemerintah.
“Sehingga dengan keberadaan potensi wisata itu benar-benar berdampak positif terhadap pembangunan daerah. Kemudian keberadaan Raperda juga tidak lepas dari Visit Wonderfull Bengkulu 2020,” kata Inzani.(idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *