Mutasi Besar-besaran, Kepala Sekolah Diminta Berinovasi

Mutasi Besar-besaran, Kepala Sekolah Diminta Berinovasi

BERBAGI
Ratusan pejabat di lantik

280 Pejabat Dilantik, Budiman: Harus Legowo

RBO, BENGKULU – Setelah beberapa waktu menunggu, akhirnya Kepala Sekolah dijajaran Tingkat Sekolah Menengah Atas serta Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dimutasi. Kemarin Rabu (09/01) sebanyak 184 Kepala Sekolah resmi dilantik ada yang mutasi dan ada yang promosi. Selain itu juga melantik sebanyak 96 jabatan Kasubag Tata Usaha.

Pelantikan dilakukan oleh Sekda Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti. Dan dihadiri Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Budiman M.Pd, Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, Yuliswani dan Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri. Dari data terhimpun banyak guru yang dilantik menjadi Kepala Sekolah.

Terhitung di Kota Bengkulu saja, hanya tiga sekolah yang jabatannya Kepala Sekolah tidak bergeser (tetap). Diantaranya SMAN 6 Kota Bengkulu, SMAN 3 Kota Bengkulu dan SMAN 2 Kota Bengkulu selainnya jabatan tersebut diganti. Sekda membenarkan perihal tersebut, banyak guru yang dilantik menjadi Kepala Sekolah. Dikarenakan ada juga kepala sekolah yang sudah masuk usia pensiun. Sekda pun meminta kepada jabatan Kepala Sekolah yang telah dilantik ini, dapat melakukan inovasi baru diera saat ini.

“Harus ada perubahan lebih baik lagi,” terangnya. Kepala sekolah merupakan tugas tambahan diluar mengajar selain itu merupakan memiliki beban tanggung jawab lebih besar. “Ada yang promosi dari guru dipercayakan Kepala Sekolah, yang tetap dilantik. Ada juga yang sudah memasuki usia pensiun, diganti dengan guru yang baru,” terangnya.

Ia pun menerangkan, ada informasi jika dalam pelantikan tersebut akan diajukan PTUN (Pengadilan Tata Usuha Negara) oleh oknum yang menghubungi dirinya. Ia menegaskan pelantikan sudah berjalan dengan mekanisme aturan yang ada. Dikarenakan informasinya, banyak Kepala Sekolah yang tidak memiliki persyaratan Pelatihan Diklat Calon Kepala Sekolah. Hal ini menjadi bahan dasar dalam mengajukan promosi jabatan di bidang Pendidikan. Kendati demikian, jika hal tersebut terbukti maka pihaknya segera melakukan tindakan.

“Oknum yang tidak bertanggung jawab menghubungi saya jika mereka akan melakukan PTUN. Itu tidak jelas orangnya. Ini setiap mutasi ada, namun yakinlah tidak ada. Setahu saya sudah bersyarat semua, ada pertimbangan persyaratan dan integritas. Jika memang ada pelanggaran maka akan kita evualasi, namun persyaratan pelatihan kepala sekolah itu hanya nilai penambahan. Maka akan kita nilai kembali,” tambahnya.

Pelantikan tersebut tertuang dalam surat keputusan dengan, Nomor : SK 821_B.38 Tahun 2019 terhitung pada tanggal 8 Januari 2019 yang ditanda tangani oleh Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, Budiman Ismaun, M.Pd mengatakan agar dapat melaksanakan tanggung jawab yang sudah diberikan.

“Kita tidak usah berdebat lagi, mari kita perbaiki kesalahan yang lalu. Kalau kita mempermasalahkan pengaduan tersebut tidak baguslah, apalagi pendidikan ini jadi guru harus legowo. Kita laksanakan kebijakan pimpinan kita, laksanakan mari evaluasi lagi. Kalau ada sesuatu hal maka temui saya, maka saya pertanggung jawab,” terangnya.

Menanggapi beberapa Kepala Sekolah yang belum memiliki persyaratan Diklat Calon Kepala Sekolah, kedepannya dapat disusulkan. Dari Kepala Sekolah saat ini yang dilantik, ada sekira 27 persen yang belum memiliki persyaratan tersebut. Namun sayangnya, Budiman enggan secara rinci mengutarakan berapa banyak kepala sekolah yang belum memiliki persyaratan CAKEP (Calon Kepala Sekolah) tersebut.

“Pelatihan Kepala Sekolah itu memang dipersyaratkan, saya lihat hampir ada namun memang ada yang belum namun kita lihat kepala sekolah yang masih lama. Kalau belum ada masih bisa disusulkan,” imbuhnya. (Bro)

Kepala Sekolah Dijajaran Kota Bengkulu Tingkat SMA Yang Dilantik :

1. Afandi Kepala SMAN 1 Kota Bengkulu
2.Dr Bihanudin Kepala SMAN 2 Kota Bengkulu
3.Widiono S.Pd Kepala SMAN 3 Kota Bengkulu
4. Basuki Dwianto Kepala SMAN 4 Kota Bengkulu
5. Darmansyah Kepala SMAN 5 Kota Bengkulu
6. Hj Suwarni Kepala SMAN 6 Kota Bengkuu
7. Miduan Harta Kepala SMAN 7 Kota Bengkulu
8. Hidayutallah Mardian Kepala SMAN 8 Kota Bengkulu
9.Wan Pisata Kepala SMAN 9 Kota Bengkulu
10.Tauri Kepala SMAN 10 Kota Bengkulu
11.Eka Fariyanti Kepala SMAN 11 Kota Bengkulu
12.Drs Ambru Kepala SMAN Keberbakatan Olahraga (SKBO) Kota Bengkulu