Bunga Rafflesia Kelopak 6 Mekar di Benteng

Bunga Rafflesia Kelopak 6 Mekar di Benteng

BERBAGI
AGUS/RBI: Bunga Rafflesia enam kelopak mekar di gunung

RBO, BENTENG – Satu Bunga Rafflesia Arnoldi dengan enam kelopak, mekar di kawasan gunung Taba Penanjung, Bengkulu Tengah.

“Ini Peristiwa yang cukup langka, karena bunga Rafflesia umumnya lima kelopak, tapi kali ini ditemukan satu kuntum dengan enam kelopak,” kata Anggota Kelompok Peduli Bunga Langka, Ibnu Rafflesia, kemarin.

Menurut dia, bunga tersebut ditemukan mekar sempurna dalam hutan yang tidak jauh dari badan jalan raya Kota Bengkulu-Kepahiang.

Sementara itu, kelompok peduli puspa langka di wilayah itu sudah membuat jalan setapak untuk memudahkan pengunjung menyaksikan bunga langka tersebut.

“Kami juga membuat pengumuman di pinggir jalan raya untuk memudahkan pengunjung menemukan lokasi,” ujarnya.

Ditambahkan, Hutan Bukit Barisan di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Kepahiang yakni Hutan Lindung Bukit Daun dan Cagar Alam Taba Penanjung merupakan habitat alami bunga langka Rafflesia Arnoldii.

Menurut dia, keberadaan bunga langka tersebut mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke lokasi tersebut.

“Setiap ada bunga mekar selalu kami informasikan lewat media sosial terutama Facebook, dan cukup efektif mendatangkan pengunjung,” terangnya.

Ia memperkirakan, bunga tersebut dapat dinikmati hingga empat hari kedepan.

Bunga Rafflesia Arnoldi merupakan ikon Provinsi Bengkulu yang ditetapkan sebagai flora dilindungi berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya.

Di kawasan hutan Provinsi Bengkulu telah teridentifikasi empat jenis bunga rafflesia yakini Rafflesia arnoldii, Rafflesia Bengkuluensis, Rafflesia Gadutensis dan Rafflesia Hasselti.

“Bunga Rafflesia berkelopak 6 itu kita temukan Senin sore (7/1), sebenarnya tahun 2014 itu pernah juga ditemukan Bunga Rafflesia yang lebih langka lagi, dimana satu kuntum bunga berkelopak tujuh (7). Bagi masyarakat yang minat berkunjung atau info lanjut dapat menghubungi saya, atau bisa kunjungi di pos info kami d kedai kopi KEDUTAAN REPUBLIK SLE gunung,” pungkasnya. (ags)