UMB Siapkan Dua Langkah  Untuk Tingkatkan Kualitas

UMB Siapkan Dua Langkah  Untuk Tingkatkan Kualitas

BERBAGI
RIO/RBO Rektor UMB, Dr. Sakroni, M.Pd foto bersama dengan para awak media.

Rektor Baru Bawa Inovasi

RBO >>  BENGKULU >>  Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) setelah pergantian antar waktu sang nakhodanya, yakni dari Dr. H. Ahmad Dasan, MA ke Dr. Sakroni, M.Pd terus melakukan inovasi. Berkat inivasi yang dilakukan disegala bidang, mereka terus mengalami kemajuan.

   Kemajuan ini ditandai dengan peningkatan kemampuan dan keterampilan mutu SDM. Yakni, para dosen yang ada dan peningkatan akreditasi. Mulai dari setiap Program Studi (Prodi) sampai ke institusinya.

Rektor UMB, Dr. Sakroni , M.Pd mengatakan, untuk peningkatan mutu, ini dilakukan dengan menghadirkan tutor yang akan membimbing para dosen untuk menulis penelitian mereka ke dalam jurnal dengan memahami prosesnya.

   Direncanakan nantinya tutor yang  dihadirkan yang berkompeten di bidang sosial dan eksak. Sehingga diharapkan 70% dosen yang ada sudah dapat menerbitkan penelitian mereka kedalam jurnal. Baik tingkat nasional maupun internasional. Sehingga menjadi umpan balik dapat membantu penelitian dosen itu sendiri.

   Sedangkan untuk peningkatan akreditasi ini sendiri akan meningkatkan penelitian dari Kemenristekdikti. Yaitu, mulai dari setiap prodi yang ada. Ada 4 yang bisa ditingkatkan menjadi akreditasi A.

   “UMB dalam 6 bulan ini ada 2 langkah yang akan ditempuh untuk meningkatkan nilai gengsi dengan universitas lainnya,” kata dia saat dihubungi RADAR BENGKULU kemarin.

   Langkah pertama, yaitu dengan meningkatkan kemampuan dan keterampilan para dosen. Yaitu, dengan menghadirkan tutor yang berkualitas, berorientasi di ilmu sosial maupun ilmu eksak.

Langkah kedua, yakni akan meningkatkan nilai akreditasi disetiap prodi dan nantinya ke akreditasi institusi UMBnya.     4 prodi tersebut, rincinya, yakni 2 Prodi Peternakan dan Agrobisnis di Fakultas Pertanian. Sedangkan 2 nya lagi, yaitu Prodi Bahasa di FKIP,  dan Prodi manajemen di Fakultas Ekonomi.

   “Jika nantinya ke 4 Prodi ini bisa ditingkatkan menjadi A, maka dapat meningkatkan Akreditasi Institusi mendapat nilai A,“beber Rektor.

   Sedangkan rencana UMB untuk mendirikan Fakultas Kedokteran akan menjadi kenyataan. Sebab, dalam Sidang Tanwir akan menjadi ajang promosi UMB dalam pengembangan, baik aset yang ada seperti gedung Kampus 2 Lingkar Timur, Kampus 3 Padang Jati , Kampus 4 di Jalan Adam Malik Kelurahan Cempaka Permai  Kota Bengkulu, Kampus 5 Pagar Dewa.(ae-4)