/Desa Air Tenang Tuntaskan Realisasi APBDes Tepat Waktu

Desa Air Tenang Tuntaskan Realisasi APBDes Tepat Waktu

RBO >>  ARGA MAKMUR >>  Pemdes Air Tenang, Kecamatan Napal Putih BU, saat ini terus menggeliat merubah wajah desa mereka. Seperti, dengan pembangunan infrastruktur,  sarana prasarana yang dibutuh warganya.

      Menurut Kades Air Tenang, Asril Wani saat ditemui RADAR BENGKULU di ruang kerjanya kemarin, Pemdes bersama jajaran perangkat desa yang ada terus melakukan penguatan dalam hal tata kelola administrasi pemerintahan desa serta upaya meningkatkan pelayanan terhadap warganya tanpa tebang pilih secara gratis.

      Begitu pula dalam hal tata kelola administrasi realisasi APBDes dilakukan secara  transparan dan akuntabel.

      Dijelaskan tokoh yang juga Ketua FKKD Kecamatan Napal Putih ini, untuk realisasi pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur Desa dari sumber APBDes tahun 2018 telah dirampungkan pengerjaannya lewat TPK yang ada dengan pola Padat karya Tunai. Begitu pula dengan penguatan kapasitas bagi kelembagaan Desa dan Pemdes dilaksanakan melalui kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Desa serta melalui kegiatan pembinaan ,pendidikan, pelatihan serta penyuluhan oleh Pemdes setempat.

Dipaparkannya, untuk realisasi APBDes dalam hal pembangunan fisik yang dibangun dalam 3 tahapan pencairan digunakan antara lain untuk pembangunan pembukaan badan jalan dan untuk pembangunan pengoralan jalan desa.

      Kemudian, realisasi APBdes Desa Air Tenang juga digunakan untuk pembangunan pelapis tebing serta saluran lingkungan desa. ‘’Di samping itu realisasi APBDes tahun 2018 dimanfaat Pemdes untuk pembangunan lapangan desa dan membangun MCK desa,’’tutur Asril Wani.(bri)