Belum Kecipratan DD, Warga Bangun Jalan TPU Secara Swadaya

Belum Kecipratan DD, Warga Bangun Jalan TPU Secara Swadaya

BERBAGI
SAM/RBO: Warga RT 20 Desa Rawa Mulya bangun jalan TPU secara swadaya

RBO, MUKOMUKO – Jalan menuju lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang berada di RT 20, RW 03 Desa Rawa Mulya Kecamatan XVI Koto kondisinya cukup memprihatinkan. Namun sampai saat ini jalan tersebut belum mendapat pembangunan, baik dari Pemerintah Desa maupun Pemkab Mukomuko.

Padahal menurut Nur (38), salah seorang warga setempat menuturkan, warga RT 20 sudah kerap menyampaikan secara lisan kepada pihak Pemerintah Desa agar jalan tersebut dibangun. Sayangnya usulan itu belum diakomodir.

Selain jalan menuju TPU, jalan tersebut menjadi akses satu-satunya bagi puluhan petani kelapa sawit untuk mengeluarkan hasil panen. Jika musim hujan, banyak petani mengurungkan panen karena buah sawit susah dikeluarkan.
“Kita sudah usulkan agar dibangun JUT dari Dana Desa. Tapi belum ada realisasinya. Walaupun TPU belum dipakai, kalau tidak pernah dibangun kapan jalan itu mau ditingkatkan,” bebernya kemarin.

Ia berharap, Pemerintah Desa setempat juga memikirkan nasib petani sawit yang kerap menggunakan jalan tersebut. “Kami sangat kesusahan kalau mau panen,” ujarnya.
Kesal menunggu realisasi pembangunan tidak juga turun dari Dana Desa, akhirnya warga setempat khususnya pemilik kebun sawit patungan untuk membangun jalan tersebut secara swadaya.

“Ya dari pada kelamaan kami (petani) nunggu dan kami susah dibuatnya, mending kami patungan. Bagi pemilik kebun kami minta sumbangan Rp 300 – Rp 400 ribu. Kami belikan koral, pasir, semen ngerjainnya gotong royong,” bebernya lagi.
“Kalau TPU nanti sudah dipakai, harapan kami jalan ini dibangun. Karena untuk kepentingan umum,” pungkasnya. (sam)