Kehilangan APK, Caleg  PBB Lapor Bawaslu 

Featured Hukum & Kriminal Politik Sosial & Budaya
Mico Yudhistira : Kalau Terbukti Bisa Kena Pidana 
RBO, BENGKULU – Dalam masa kampanye Pemilu Legislatif (Pileg) saat ini, dari Bawaslu Kota Bengkulu mendapatkan laporan pengaduan dari peserta yang menjadi Caleg kehilangan baliho Alat Peraga Kampanye (APK) nya di Kota Bengkulu.
“Kemarin itu ada Caleg pelapor dari Partai Bulan Bintang (PBB) laporannya menyatakan dia kehilangan baliho yang lokasinya di Pasar Bahari. Dia melaporkan kalau disana ada balihonya yang hilang. Dia melapor ke Bawaslu Kota Bengkulu dan kita tindaklanjuti. Karena ada indikasi dugaan pidana, maka kami berkoordinasi dengan Gakkumdu dan hari ini (Selasa-red) dijadwalkan untuk klarifikasi,” ungkap anggota Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa, Mico Yudhistira SH saat ditemui, Selasa (22/1).
Adapun untuk menindaklanjuti laporan tersebut, pihaknya lanjut Mico mempunyai waktu selama tujuh hari sejak dilaporkan.
“Cuman kalau dibutuhkan tambahan, kita punya waktu tujuh hari lagi, sehingga kita ada waktu 14 hari kerja untuk menindaklanjuti laporan tersebut,” lanjutnya.
Dari laporan kehilangan APK Caleg PBB yang bernama Herman, kalau memang terbukti ada pelakunya yang merupakan pelaksana atau tim peserta kampanye, maka bisa dikenakan pasal 280 ayat 1 ada ketentuan pidana dimana sanksinya diatur di pasal 521.
“Kalau pasal 280 ayat 1 huruf G, pelaksana peserta dan tim kampanye pemilu dilarang merusak, dan atau menghilangkan APK. Tapi dalam pelaporan ini, kita masih melakukan pendalaman terhadap pelapor. Dan pasal 521 nya mengatakan bisa dipidana paling lama dua tahun dan denda paling banyak 24 juta. Hari ini yang kita klarifikasi pelapor dan saksi terlebih dahulu. Setelah pendalaman ini nanti baru kita ketahui tindaklanjut kedepannya.’’ Dan sejauh ini, sementara untuk di Kota Bengkulu dalam masa kampanye sekarang, mereka baru menerima satu laporan dari peserta yang merupakan Caleg PBB untuk DPRD Provinsi Bengkulu tersebut.  (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *