Nikmatnya Mengangkat Isu Wanita Dengan Karya Sendiri

Ekonomi & Bisnis Featured

RBO >>  BENGKULU >>  Industri Seni sangat marak dimana-mana. Salah satunya dibidang kreatifitas. Di Bengkulu ada seorang wanita berasal dari Kabupaten Rejang Lebong yang telah merintis menjalani bisnis industri seni kreatif bernama YurikArt. Bagaimana perjuangannya, baca liputannya di bawah ini.

M. IMAM SANTOSO – Bengkulu

YurikArt merupakan suatu usaha yang dikerjakan oleh Yurika Pratiwi. Seorang wanita asal Curup yang sudah menjalani seni kreatif di Bengkulu sejak tahun 2016. Dia mulai eksis di pasaran Bengkulu pada tahun 2018.

Awalnya Yurika mempunyai hobi menggambar. Tapi secara dasar dan teori Yurika tidak mempelajarinya. Karena keseriusannya menjalani hobi ini, akhirnya Yurika mencoba belajar kepada seniman-seniman yang ada di Bengkulu. Bukan hanya teori, bahkan Yurika belajar teknik dalam menggambar.

“Pertama kali saya terjun ke lapangan itu di seni mural. Menggambar beberapa kedai yang ada di Bengkulu. Lalu mencoba gambar ke jaket-jaket,” tutur Yurika.

Ternyata dari menggambar di jaket, banyak teman-temannya yang meminta agar jaketnya digambarkan oleh Yurika. “Ternyata gambar itu bisa dikembangkan ke media lain selain kanvas. Hingga akhirnya saya mencoba dan saya menikmati,” tambahnya.

Yurika menjalani bisnis ini bukan hanya karena hobi. Tapi dia juga ingin menjadi bagian dari pelaku entrepreneur yang ada di Kota Bengkulu. Juga ingin menunjukan kepada orang tuanya bahwa jalan menuju kesuksesan itu ada dimana saja.

Yang beda dari YurikArt adalah dari gambarnya dan pemasarannya. “Mungkin lebih ke isu. Saya suka menggangkat isu-isu tentang perempuan yang menjalani hal-hal yang mungkin bukan jalurnya perempuan. Dan ada beberapa keproduksian saya ada bahasa Aksara Kaganga asal Rejang, yaitu suku tertua di Bengkulu.”

Adapun jenis-jenis yang diproduksi dari YurikArt berupa Baju kaos, jaket, pin, tas, case hp, dll. Hebatnya bisnis kreatif YurikArt ini ternyata mendapatkan apresiasi hingga berbagai kota-kota besar di luar Bengkulu.

“Ada yang pesan dari Kalimantan, dari Medan. Dan kebanyakan saya engga kenal sama yang mesan.”

Saat ini untuk pemasaran Yurika menggunakan sosial media. Yaitu, Instagram dengan akun @yurikart. Dan untuk store sendiri itu berada di Jl. Iskandar 11 Tengah Padang.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *